Musim hujan gini pengen bikin acara emang susah, apalagi event outdoor. Kebayang kekacauan yang bakal terjadi jika hujan turun dengan deras. Cuma satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi, pawang hujan. Di tengah modernitas yang makin berkembang seperti sekarang, ternyata pawang hujan dipilih jadi alternatif utama. But wait, di luar negeri ternyata juga nggak ada bedanya tuh. Really?

Bener banget! Negara-negara di luar negeri juga memanfaatkan pawang hujan untuk tujuan khusus. Tapi, tentu ada sedikit perbedaan terutama dalam prosesinya. Jika di Indonesia menggunakan ritual, jampi-jampi dan mantra, di luar negeri menggunakan jasa sebuah perusahaan. Bernama Oliver’s Travel, perusahaan ini bisa bikin hujan berhenti turun di tempat yang kamu inginkan.

Tapi, siap-siap mikir lagi dengan harga sewanya yang mencapai GBP 100 ribu atau sekitar Rp 2 miliar. Meskipun harganya bikin kantong jebol, tapi banyak penyewanya merasa puas apalagi dengan lancarnya acara yang nggak terganggu oleh hujan.

Kenapa harganya bisa mahal gini sih? Alasannya karena pawang hujan Perancis ini menggunakan teknologi canggih. Dibutuhkan setidaknya seorang pilot handal serta ahli meteorologi untuk melaksanakan misi tersebut. Seminggu sebelum hari H, tim bakal mulai melakukan penyisiran awan dengan menyebarkan partikel Iodida. Zat ini bakal membuat hujan turun lebih cepat sehingga habis sama sekali pada tanggal yang ditentukan.

Nggak heran harganya sangat mahal karena prosesnya yang rumit. Kira-kira laku nggak jika dioperasikan di Indonesia?