Pasti sebagian dari Loe yang mencoba ambil foto dari smartphone memiliki permasalahan yang sama, yaitu gambar yang goyang atau blur (baca: gak fokus). Walaupun dengan tipe smartphone terbaru dengan layar yang warnanya sangat bersih tapi kualitas foto yang blur, sih sama juga bohong.

Oke, Gue kasih beberapa tips yang bisa membantu Loe supaya gak blur lagi kalau ambil foto dengan smartphone kesayangan Loe. 

1.Pegang dengan mantap

Foto yang blur, disebabkan karena kecepatan rana yang lambat dicampur dengan pergerakan kamera atau subjek. Pasang smartphone dengan dudukan khusus untuk tripod mini adalah salah satu pilihan. Kalau gak ada tripod, gunakan kedua tangan dengan tegas saat mengambil objek. Atau mungkin Loe juga bisa menemukan cara lain, yaitu dengan menaruh smartphone di bidang yang datar lalu gunakan self timer.

2.Bersihkan lensa

Sebelum mengambil objek yang akan dipotret, periksa dulu lensa kamera dari smartphone. Apakah berdebu, atau berbekas sesuatu. Misalnya, bekas jari tangan. Ini harus dibersihkan dengan baik lho Bro, kalo enggak kotoran terserbut akan berbekas dan malah mengering di lensanya. Cari bahan yang halus untuk membersihkan lensa.

3.Dapatkan fokus yang tepat

Di dalam smartphone terbaru, biasanya sudah dilengkapi dengan pilihan auto focus. Jadi Loe gak perlu khawatir kalau kamera smartphone gak bisa mengambil gambar dengan baik. Biasanya juga ada beberapa smartphone yang bisa diatur titik fokusnya. Nah, di sini Loe harus pintar dalam mencari fokus yang tepat, jangan sampai objek yang mau di perlihatkan jadinya blur.

4.Carilah cahaya

Hindari tempat yang gelap dalam pengambilan gambar. Seperti ruangan, atau lorong-lorong. Kecuali yakin punya cukup cahaya untuk menerangi objek. Kadang ada beberapa flash yang sudah ada di kamera smartphone tapi tidak membantu penerangan objek dengan baik malah membuat objek menjadi kabur atau berbayang. Tapi ada beberapa smartphone yang sudah baik menangkap cahayanya. 

5.Mempertajam setelah pengambilan gambar

Lengkapi keempat tips diatas dengan beberapa aplikasi smartphone yang mendukung untuk mempertajam gambar. Seperti snapseed aplikasi gratis untuk iOS dan Android. Atau aplikasi-aplikasi lain yang membuat hasil foto lebih tajam.

image

So, itulah tips ringan yang bisa Loe praktekan langsung dengan smartphone kesayangan Loe. Be a best shooter, Bro! #LetsDoIt

 

Sumber: trax