Kekuatan militer Indonesia diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Catatan sejarah menyatakan, angkatan bersenjata kita udah memiliki banyak sekali pengalaman super gokil termasuk misi-misi penyelamatan dramatis. Nah, menyambut hari jadi Komando Pasukan Khusus yang dirayakan hari ini, LA-Lights kasih highlight misi-misi keren yang pernah dilakukan Kopassus yang bikin salut dunia. So, let’s check.

Pembebasan Woyla

Indonesia pernah dikejutkan dengan aksi pembajakan Pesawat Garuda rute penerbangan Palembang-Medan oleh sekelompok teroris yang menyatakan dirinya Komando Jihad. Bermaksud terbang ke Kolombo, pesawat ini ternyata hanya mampu mendarat di Woyla, Thailand akibat kehabisan bahan bakar. Kopassus pun diturunkan untuk menyelesaikan misi ini. Di bawah kepemimpinan Sintong Panjaitan, elit forces Indonesia ini berhasil menewaskan seluruh teroris. Hebatnya, nggak ada satu korban pun yang tewas. Dunia pun sangat memuji aksi ini.

Pembebasan sandera di Mapenduma

Organisasi Papua Merdeka pernah bikin onar dengan menyandera 11 orang dan mengancam Indonesia untuk mengakui keberadaan Negara Melanesia Barat. Berpotensi sangat buruk, Kopassus pun diturunkan untuk membebaskan sandera dan menumpas pemberontak. FBI menyatakan Kopassus nggak bakal berhasil setelah menganalisa segala kemungkinan. Tapi, faktanya Kopassus yang dikepalai oleh Prabowo Subianto berhasil melakukan operasi ini. Sayangnya dua sandra gagal diselamatkan lantaran dibunuh oleh para pemberontak OPM.

Operasi Melawan SAS

Pasukan elit Inggris ini ternyata pernah berhadapan dengan Kopassus dalam sebuah konflik kelas berat. Saat itu Presiden Soekarno memerintahkan untuk menggagalkan pembentukan negara Malaysia lewat operasi Dwikora. Dalam pertempuran panjang di hutan Kalimantan tersebut, Kopassus terbukti berhasil melakukan perlawanan sengit. Meskipun nggak diketahui data secara pasti, tapi catatan perang yang jarang dipublikasi ini membuktikan kalau Indonesia nggak kalah hebat melawan pasukan elit dunia seperti SAS.

Berbekal pengalaman super keren itu, nggak heran Kopassus namanya sangat diperhitungkan di mata militer dunia. Salut!