Pernah nggak sih kamu mengamati desain dan bentuk uang? Pernah nggak terpikir kok warna biru berpadu ungu yang diaplikasikan di pecahan 1000 rupiah? Mengapa warna merah cerah dipilih untuk mewakili pecahan tertinggi 100 ribu rupiah?

Uang milik negara kita disebut sebagai Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Uang di Indonesia terbagi menjadi dua jenis yaitu uang kertas dan uang logam atau koin. Pada setiap pecahannya, uang memiliki desainnya yang beraneka ragam.

Setiap pecahan uang kertas, terdapat sosok pahlawan pada satu sisinya. Sedangkan pada sisi lainnya terdapat gambar salah satu budaya yang mewakili Indonesia. Pun warnanya dibuat beraneka ragam. Mulai dari biru setengah hijau, abu-abu, ungu, hijau, biru sampai merah cerah.

Tau nggak sih kalau ternyata desain dari uang kita itu adalah didaulat menjadi desain untuk mata uang terbaik di dunia? Selain karena dibuat dengan bahan yang berkualitas, desainnya pun mendapatkan banyak pujian dari dalam dan luar negeri.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Tirta Segara. Pihak Bank Indonesia melalui Departemen Pengelolaan Uang BI sangat serius mengerjakan desain dan pembuatan dari uang NKRI.

Hal ini dikarenakan desain uang harus mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan, Internal BI, dan juga Presiden. Selain itu, dalam proses pembuatannya, uang Indonesia mempergunakan teknologi canggih yang sulit untuk dipalsukan.

Desain terbaik juga pernah didapat oleh pecahan uang Indonesia bernilai Rp 10.000 pada tahun 1975. Pecahan ini dirancang oleh almarhum Junalies. Mata uang ini dikatakan terbaik se-Asia bahkan dunia. Dilansir dari salah satu blog milik Arya Sidharta.

Preatasi lain diraih oleh pecahan Rp 20.000 pada tahun 1998 seperti yang diulas di laman moneychoice.org. Dituliskan bahwa pecahan ini sangat unik dan belum ada yang bisa menyamai desainnya.