Kadang sesuatu yang terlihat nggak berguna justru menyimpan potensi yang luar biasa. Seperti penelitian baru yang sepertinya nggak bakal pernah loe sangka ini. Yup, ketika loe merokok udah barang pasti bakal membuang filter-nya, kan? Tahu nggak kalau cigarette butt yang loe sia-siakan itu ternyata berpotensi sebagai device penyimpanan energi terbaru. Keren nggak tuh?

Penemunya adalah para ilmuwan dari Korea Selatan. Mereka menemukan kemungkinan penggunaan lain dari sebuah filter rokok yakni digunakan menjadi alat penyimpan energi. Seperti yang loe tahu kalau filter gunanya untuk menyaring hasil pembakaran dari tembakau dan bahan-bahan lainnya dari sebuah rokok. Nah, ini bisa di-twist penggunaannya.

Filter yang berupa fiber selulosa itu bisa dimasuki karbon-karbon yang bisa menyimpan energi. Jadi, nantinya bakal bisa menggantikan peranan baterai yang artinya bisa digunakan untuk apa pun. Mulai electric vehicle sampai pembangkit tenaga listrik. Nggak nyangka kan?

© Shutterstock

Konsepnya sendiri mengacu kepada supercapacitor. Buat loe yang belum tahu, benda ini fungsinya sama seperti baterai yang menyimpan dan menyalurkan energi.  Tapi, tentunya ada banyak hal yang membedakan keduanya. Misalnya aja charging cycle supercapacitor yang nggak ada batasnya hingga lebih ramah lingkungan. Kalau dilihat dari biaya pengadaan, tentu aja benda ini sangat mahal. Tapi, lewat penggunaan filter rokok maka praktis biaya bisa ditekan lebih jauh lagi.

Meskipun masih konsep, tapi kalau dilihat dari berbagai sisi ide ini sangat mungkin digunakan Bro. Tinggal tunggu aja kejutan apa yang bisa dihasilkan para scientist dari sebuah filter rokok!