Silahkan tanya sama gebetan loe, warna apa sih yang melambangkan eksklusivitas dan ‘mahal’? Taruhan deh si dia bakal jawab emas atau gold. Image mewah dari emas emang nggak bisa dikalahin bahkan sama batu akik paling bening sekali pun. Apa pun yang diselingkuhin dengan emas pasti jadi sesuatu yang glamor meskipun cuma warna luar aja. Kesan ini pun nggak lupa dimanfaatin Apple untuk bisa menyasar pasar yang lebih gila lagi khususnya orang-orang Asia.

Loe pasti penasaran tentang apa sih korelasi antara Apple, emas dan orang Asia?

Bukti

Gadget paling baru Apple yakni si smartwatch gold edition adalah bukti kalau Apple terobsesi dengan emas. Nggak cuma itu, tiga gadget andalan mereka juga nggak ketinggalan mulai iPhone, iPad dan Mac. Semuanya berbalut painting emas.

Apple percaya jika gadget yang dilapisi dengan warna gold makin menampakkan kemewahan. Padahal harganya sendiri emang mahal dan tergolong barang mewah.

Alasan

Emas sebenarnya nggak bisa disegmentasi sih, semua orang di dunia suka emas. Tapi kebanyakan adalah orang Asia. Strategi Apple membesut produk barunya dengan emas ternyata juga berimbas bagus untuk pasar Asia.

Buktinya, ada aja orang kebanyakan duit yang membeli Apple Watch gold edition padahal harganya bikin nangis. China dan Timur Tengah menjadi yang paling dominan dalam hal ini. Jangankan jam tangan, mobil aja di emas-in sama orang Arab!

Kemungkinan

Udah bisa ditebak dari awal kalau Apple hanya ingin memanfaatkan mindset orang Asia yang suka emas dengan merilis produk berwarna gold. Nggak ada alasan lain selain keuntungan dan mereka sukses besar.

Image Apple yang sepertinya khusus dibuat untuk orang-orang berada berasa makin superior ketika dibalut warna emas. Si empunya sendiri pun bakal makin naik prestisnya dengan menggenggam atau membalutkan produk Apple di tubuh mereka. Well, ini semua tentang gimana mereka bisa memanfaatkan habit dan kesukaan kebanyakan orang.

Nggak hanya lihai dalam membuat produksi keren, Apple juga pintar banget melihat hal-hal yang nggak terpikirkan seperti itu. Tim Cook emang keren dah!