Dunia seakan diselimuti kegelapan beberapa waktu yang lalu. Yang biasanya sangat ramai menjadi sepi dan lengang untuk beberapa saat. Yup, mereka tengah menjalankan event tahunan untuk menyelamatkan bumi bernama Earth Hour. Loe juga ikut melakukan ini? You’re awesome, Guys!

banner-ads

Earth Hour adalah event tahunan yang digagas sejak tahun 2007 oleh WWF dan juga sosiologis Leo Burnett. Dilakukan dengan mematikan lampu yang nggak diperlukan untuk membantu memperlambat perubahan iklim bumi yang makin lama makin terasa. Pemadaman tersebut dilakukan pada tiap 28 Maret pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat.

Hampir 100 negara di bumi melakukan ini bahkan termasuk Antartika dan International Space Station. Pemandangan nggak biasa pun nampak terjadi di beberapa kota. Menara Eiffel, Big Ben, hingga St Basil yang biasanya penuh gemerlap kini berganti syahdu untuk beberapa saat. Beberapa icon kota di dunia yang lain juga nampak padam untuk sejenak.

Event tahunan ini emang jadi viral dan sukses dari tahun ke tahun. Masyarakat ternyata sadar betul bahaya yang mengintai bumi dan tanpa paksaan mereka melakukan pemadaman ini. Ban Ki-Moon pun mengatakan dengan bersama melakukan ini, maka turut berperan membantu bumi dari perubahan iklim.

Well, jika satu jam bisa demikian berpengaruh, kenapa nggak dilakukan tiap bulan atau tiga bulan sekali. Toh cuma satu jam dan bukan di waktu yang sibuk. At least, event ini berhasil menggugah penduduk dunia untuk bikin bumi nggak berumur pendek.