Menjadi seorang pemimpin emang gampang-gampang susah. Selain tanggung jawabnya yang besar, gerak-gerik mereka juga nggak lepas dari pantauan. Sehingga menjaga sikap dan wibawa udah menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Tapi, mereka juga tetep seorang manusia yang tentunya nggak lepas dari sifat-sifat kemanusiaan termasuk marah. Uniknya lagi kadang mereka lupa meluapkan kemarahan saat banyak orang yang mengamati. Seperti deretan peristiwa unik ini.

SBY sindir bupati yang tidur saat rapat

© Merdeka

Sosok yang humble ini dikenal ramah, bijaksana dan kelihatannya nggak gampang marah. Tapi siapa yang nyangka, SBY juga bisa emosi ketika melihat hal yang nggak ngenakin hatinya. Loe mungkin masih ingat kejadian dimana mantan presiden ini menyindir seorang bupati yang tertidur saat ia memberikan sambutan dalam acara konsolidasi pemerintah daerah di Jakarta tahun 2008 lalu. Sambil mengetok podium SBY berkata, “Bangunkan yang tidur itu. Kalau mau tidur, silahkan di luar. Seharusnya merasa berdosa pada rakyat. Saat kita bicarakan masalah rakyat kok mala tidur.”

Ahok marahi notulen nulis pakai kertas

© Merdeka

Bicarain pemimpin yang emosian, Ahok wajib masuk di dalamnya. Udah banyak kejadian unik yang menunjukkan betapa mantan Bupati Bangka Belitung ini vokal banget ketika ada hal yang nggak sesuai dengan nuraninya. Termasuk ketika ia berada dalam suatu rapat. Mengetahui si notulen menulis hasil rapat pada secarik kertas, Ahok marah besar sambil berujar, “Kampungan banget itu, pakai Blackberry, laptop anggarannya miliaran, mana tukang ketiknya itu? Lu orang paling hebat, ada laptop di depan mata, tapi tulis tangan.”

Ganjar Prabowo marah ketika temukan pungli

© Merdeka

Gubernur Jawa Tengah ini begitu marah ketika menemukan pungli ketika melakukan sidak di jembatan timbang Subah, Kabupaten Batang. Saat itu seorang kernet ketahuan memasukkan amplop berisi uang di meja petugas jembatan. Diketahui ini adalah upaya agar truk yang kelebihan muatan bisa lolos. Ganjar pun marah dan menggebrak meja. Aksi ini mendapat simpati warga yang melihat.

Jokowi ngamuk soal harga beras

© Kapanlagi

Sama seperti mantan duetnya yang kini menjabat menjadi Gubernur Jakarta, Jokowi juga seringkali terlihat meluapkan emosinya. Mulai dari menanggapi sikap pemerintah Brazil terhadap KBRI Indonesia hingga geram lantaran nggak mendapatkan laporan mengenai hasil operasi pasar beberapa waktu yang lalu. Jokowi mengatakan, “Mestinya saya dilapori tapi ini saya akan sampaikan karena saya tunggu-tunggu tidak ada yang lapor.”

Kalau pemimpin bisa marah karena melihat sesuatu yang nggak benar, rakyat bisa nggak sih melakukan hal yang sama?