Talkmen.com --- Penerus dinasti Kim yang mencuri perhatian dunia.

Sosok fenomenal dan kontroversial yang diharapkan mampu membawa perubahan.   Banyak yang meragukan stabilitas Korea Utara di bawah kepemimpinannya.

Korea Utara, negara paling kontroversial di semenanjung Korea ini nampaknya menyimpan berjuta keunikan di balik rezim merah yang melatari kultur kenegaraannya. Statement apapun yang dikeluarkan Pyongyang pasti membuat dunia ketar-ketir walalupun banyak yang menilai itu baru gertakan belaka. Tak terkecuali Korea Selatan, sang negara tetangga yang hidup satu kompleks” dengan Korea Utara. Tim intelijen Seoul juga tidak bosan meneropong gerak-gerik Korea Utara jangan sampai sebuah rudal mengoyak konser K-pop yang sedang berlangsung lengkap dengan Gangnam Style-nya.

Lucu memang, tapi itulah Korea Utara. Republik Demokratik Rakyat Korea ini berdiri di bawah tangan besi Kim Il Sung yang membawa rakyat Korea Utara tetap tunduk di bawah kepemimpinan bergaya diktator totaliter stalinis(terdengar sangat berbau Uni Soviet?). Perseteruan panas-dingin hingga kini masih menjadi hal lumrah” di antara Korea Utara, Korea Selatan, PBB, hingga musuh bebuyutan yang sangat didongkoli, apalagi jika bukan Amerika Serikat.

Sepeninggal pemimpinnya yang kharismatik, Kim Jong Il, tahta kekuasaan tertinggi negara berideologi Jucheitu berada di pundak Kim Jong Un, putra bungsunya. Dunia internasional seolah terbelalak saat nama pemuda bertubuh subur ini hadir sebagai ujung tombak pemerintahan. Bak selebriti, kepopulerannya hampir setara dengan Presiden Barack Obama. Bahkan, harian XinHua di Cina menyebut sosok Kim Jong Un sebagai simbol pemimpin proletarian yang pantas disegani.

Kim Jong Un sedang menunggang kuda dalam rilis foto yang dikeluarkan otoritas Korea Utara.  

Begitu banyak berita, intrik, dan isu yang mengekor pemimpin negara termuda di dunia ini. Siapa pun seolah ingin tahu siapa dirinya, apa latar belakangnya, bahkan apa makanan kesukaannya! Kim Jong Nam, anak ketiga dari mendiang Kim Jong Il yang notabene kakak dari Kim Jong Un juga tak luput dari kejaran media massa. Yang menarik adalah, Kim Jong Nam sudah lebih dulu didepak dari kekaisaran The Kim Family (bukan Kardashian) dan memilih untuk hidup sebagai party people.

Ri Sol Ju, adalah sosok wanita yang kini berperan sebagai Ibu Negara Korea Utara setelah sebelumnya dunia hanya bisa menerka. Isolasi pers Korea Utara terhadap dunia luar begitu ketat, sampai-sampai kehamilan dan kelahiran Ri Sol Ju lagi-lagi hanya bisa ditebak (for sure, all we need is a very talented fortune teller). Seorang kakak (who lives in a fab lane), wanita pendamping, apa lagi kira-kira yang selalu mencuri perhatian di balik kekuasaan Kim Jong Un? Nuklir.

Kim Jong Un terlihat mesra dengan Ri Sol Ju, Ibu Negara Korea Utara.  

Entah ada dendam apa Korea Utara dengan Amerika Serikat sampai-sampai moncong roket nuklirnya membuat Patung Liberty pucat pasi. Dengan menggebu-gebu, akhir Januari lalu Kim Jong Un mengatakan bahwa uji coba nuklir yang ketiga siap diarahkan ke Amerika Serikat. Tapi hal tersebut seperti dianggap angin lalu oleh Pentagon, bahkan juru bicara Presiden Barack Obama kepada Reuters mengatakan Korea Utara tidak perlu berbuat provokatif seperti itu karena pasti akan dikucilkan dunia internasional. Oops, Uncle Sam just talks like a gang chief..

Itulah Kim Jong Un, seorang Presiden muda yang sedang ganas-ganasnya unjuk gigi pada seluruh seterunya. Tapi, di balik semua itu ia hanyalah seorang pemuda yang tumbuh apa adanya. Ibtimes pernah menguak beberapa fakta unik yang sepertinya mampu menetralisir sisi beringas Kim Jong Un sebagai seorang pemimpin yang disegani.

pict-41
Tampak Kim Jong Un sedang memantau peluncuran roket di sebuah lokasi yang dirahasiakan.  

How Old Are You, Jong Un?

Like father, like son. Seperti mendiang Kim Jong Il, tidak ada yang tahu pasti kapan hari dan tahun kelahiran Kim Jong Un. Semuanya tetap menjadi misteri hingga kini. Namun, pihak otoritas Korea Utara (akhirnya) mengklaim bahwa pemimpin baru mereka itu terlahir pada tanggal 8 Januari 1984. Hmm, masih sedikit yang meyakini pernyataan tersebut. Bahkan, seorang politisi pernah berkelakar bahwa tanggal kelahiran Jong Un serupa dengan scrabble. Lacak saja terus sampai Anda sendiri bosan mencari tahu. Not bad..

What’s Your Real Name, Jong Un?

Sewaktu kecil, Kim Jong Un tumbuh dalam penyamaran. Jong Un kecil bersekolah di Internasional School of Bern di Swiss dengan menggunakan nama Pak Un. Teman masa kecilnya tidak ada yang menyangka bahwa Pak Un adalah putra Presiden Kim Jong Il. Selama tinggal di sana, Jong Un belajar bahasa Inggris, Jerman, dan Prancis. Seems it doesn’t hard for Agent Smith to find him, I guess..

His Hairstyle Has It Own Story

Bukan tanpa alasan model rambut Kim Jong Un yang fenomenal itu menjadi bahan pembicaraan para "politikus" mode. Ternyata, Jong Un pernah mengalami trauma dengan tukang pangkas rambut. Entah apa yang terjadi, hal itu membuat Jong Un selalu memotong rambutnya sendiri. Bagaimana caranya, tetap tidak ada yang tahu. Yang jelas, model rambut Jong Un ikut-ikutan menjadi propaganda di Korea Utara dan menjadi trend-setter bagi pemuda di sana. Maybe, Edward Scissorhand did the haircut..

Model rambut Kim Jong Un yang fenomenal dan menjadi tren di Korea Utara.  

NBA was in His Childhood

Setiap anak yang tumbuh di era 90an pasti merasakan kecanduan NBA. Apalagi jika mengingat film Space Jam. Begitu juga dengan Jong Un. Berdasarkan keterangan teman kecilnya semasa tinggal di Swiss, Kim Jong Un kecil sangat menggilai NBA. Ia mengoleksi ragam poster dan foto para NBA all star seperti Kobe Bryant, Michael Jordan, bahkan LA Lakers.

He’s a Big Fan of Nike

Tidak hanya Justin Bieber, Kim Jong Un juga pemuda biasa yang menggemari ragam style. Walaupun tumbuh besar dalam kekebalan dinasti Kim terhadap produk Barat, rupanya Jong Un masih memperjuangkan kegemarannya yang satu ini. Sebuah sumber di Korea Utara membeberkan jika Jong Un sangat menyukai anekasneakers keluaran Nike dan mengumpulkan beberapa seri Nike pilihan bak seorang kolektor. Great, at least he has his own style!

His Birthday is a Holiday!

Setelah pihak otoritas Korea Utara mengeluarkan klaim resmi seputar hari ulang tahunnya, pemerintah memberlakukan hari ulang tahun Kim Jong Un sebagai hari libur nasional. Tidak banyak yang tahu, bahwa peraturan ini telah diberlakukan di Korea Utara sejak tahun 2010.