Sebuah fenomena alam dapat terjadi dimanapun dan kapanpun Tuhan mengingingkannya. Seperti fenomena alam yang terjadi baru baru ini di atas langit Inggris. Dari fenomena awan yang menampakkan seakan langit akan runtuh dan juga bentuk awan yang hampir menyerupai sebuah tangan.

Dua penampakan awan ini cukup menggegerkan warga Inggris. Sebagian dari mereka menilai fenomena ‘langit runtuh karena seseorang dengan sengaja melubangi awan. Dan awan yang berbentuk seperti tangan menjulur dari langit disebut sebagai ‘tangan Tuhan’. Memang ada-ada saja orang Inggris ini.

Untuk fenomena ‘lamgit runtuh’, para ahli sudah siap dengan kajian dan penjelasan ilmiah mereka. Para ahli di Met Office mengatakan lubang itu sebenarnya awan holepunch atau fallstreak. Fenomena atmosfer ini diyakini disebabkan oleh kombinasi campur tangan alam dan manusia.

Mereka menjelaskan bahwa awan itu terbentuk dari awan sirus atau altokumulus yang berubah menjadi es. Sirus atau altokumulus harus mengandung air yang super dingin, yang tidak dapat membeku tanpa partikel kecil yang melekat padanya. Seperti opini ilmiah tentang terbentuknya es di atmosfer.

Sedangkan ahli meteorologi yakin bahwa lubang itu tercipta karena sebuah pesawat terbang telah menembus awan dingin itu. Hembusan udara yang diciptakan melalui baling-baling pesawat mendinginkan awan dengan cepat. Kemudian kristal es mulai terbentuk dan setelah pesawat sudah lewat. Lalu, kristal itu membentuk lubang di awan yang kadang-kadang bentuknya sangat besar.

Lain halnya dengan fenomena awan berbentuk ‘tangan Tuhan’. Awan yang dijuluki "Tangan Tuhan" itu berada di atas rumah sang fotografer di Deal, dekat Dover. Kemudian sang fotografer mengabadikan momen menakjubkan itu dengan kameranya.

Kalau fenomena ‘Tangan Tuhan’ ini, para ahli masih belum memberikan penjelasan secara ilmiahnya. Apakah kamu juga pernah mengabadikan kejadian alam juga?