Talkmen.com --- Pilihan gaya berpakaian saat bekerja. Formal? Casual? atau Free Spirits kah gaya berpakaian Anda?

Kali ini tim kami melakukan survei kecil-kecilan yang bertujuan untuk mengetahui apa yang pria pakai saat pergi ke kantor.

Cara berpakaian memang sangatlah beragam. Gaya dalam berpakaian bukan hanya penting untuk wanita saja, tetapi juga penting untuk pria. Gaya yang kita adopsi untuk pergi ke kantor memang biasanya terkesan formal dan pastinya rapi, tetapi banyak juga kantor yang "santai" dan membebaskan karyawannya dalam mengenakan pakaian apa saja, asalkan pakaian tersebut sopan dan pantas.

Rapi dalam format ini juga bisa dibagi dalam beberapa pengertian. Bisa jadi rapi yang benar-benar rapi dengan kemeja, dasi, chino yang berbahan cukup slick, serta sepatu bermodel derby. Mungkin bisa juga bergaya rapi yang agak casual dengan dengan kemeja bergaya oxford dipadu dengan celana jeans yang fit dengan bentuk kaki kita. Tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu skinny.

Dalam dunia kerja, kita juga sering menjumpai beberapa karyawan yang bergaya jauh lebih santai, seperti menggunakan kaos yang dipadu dengan jeans atau chino, dilengkapi dengan sneakers, dimana mereka lebih terlihat seperti seseorang yang sedang berpergian santai dengan teman-temannya. Tapi jangan menyepelekan hal tersebut, beberapa perusahaan malah justru membebaskan karyawannya untuk berekspresi dalam hal berpakaian. Hal itu biasanya terjadi pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang media, baik itu cetak maupun online.

Kami pun menanyakan perihal gaya berpakaian ini kepada beberapa karyawan, yang mungkin nantinya bisa dijadikan referensi bagi Anda dalam menyempurnakan atau mungkin memperbaiki penampilan Anda saat hendak berangkat kerja. Survei TalkMen kali ini bukan untuk membuat jarak antara pria berpenampilan yang satu dengan yang lain, tetapi hanya mengkategorikan dari gaya berpakaian saja.

The Formal

 
"Kalau buat gue, penampilan itu nomor satu. Jadi apapun yang terjadi, gue selalu siap sedia. Misalnya ada meeting atau kegiatan-kegiatan mendadak, gue nggak pernah panik dengan penampilan gue. Bahkan, kadang kemeja doang nggak cukup, bro! Mungkin harus sedia jas juga di ruangan." -Arya, 27 tahun, Marcomm Executive-

Gaya yang diadopsi oleh The Formal sudah sesuai dengan namanya dan sepertinya tidak perlu dijelaskan lebih jauh. Penampilan rapi yang mempesona pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri, terutama saat harus bertemu dengan klien untuk bekerjasama dalam suatu hal. Biasanya, pria-pria bergaya seperti ini banyak kita temui di beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang saham, marketing, dan juga bank.

Para pengusung gaya ini biasanya cukup serius dan merupakan pekerja keras. Bisa jadi karena tuntutan pekerjaannya seperti "target" yang memaksanya bekerja lebih dari yang seharusnya ia kerjakan. Tipe pria yang seperti ini juga biasanya banyak ditemui di tempat-tempat hiburan malam untuk melepas penatnya setelah bekerja.

The Casual

 
"Gue emang suka tampil rapi, tapi gue nggak suka penampilan rapi yang kaku. Jadi, celana jeans itu nomor satu buat gue. Untuk atasan, gue lebih suka pakai kemeja lengan pendek yang gw kombinasi dengan cardigan atau sweater." -Rizal, 24 tahun, Event Manager-

Fenomena penampilan The Casual memang cukup menjamur hingga belakangan ini. Coba perhatikan, Anda pasti sering sekali bertemu dengan beberapa pria yang menggunakan kemeja lengan pendek dengan motifgingham atau mungkin berbahan flannel berkeliaran pada jam makan siang. Pria-pria yang santai ini juga biasanya memadukannya dengan sepatu-sepatu unik seperti dessert boots, atau monkey boots yang bisa menunjang gaya mereka.

Easy going, itu yang bisa saya katakan mengenai para pria casual. Mereka bisa menjadi teman yang baik dan biasanya memilki banyak ide-ide brilian, baik dalam dunia pekerjaan maupun dunia sosialnya. Gadget yang unik biasanya menjadi teman setia para pria casual untuk menunjang penampilan mereka.

The Free Spirit

 
"Kantor gue santai banget sih, nggak terlalu bermasalah sama penampilan. Paling gue ke kantor pakai t-shirt, jeans, sama sneakers. Lagipula, gue jarang ketemu klien diluar. Jadinya gue cuek aja pakai kaos-kaos santai kalau ke kantor, sob! Hahaha.." -Iqbal, 23 tahun, Graphic Designer-

The Free Spirit identik dengan para tim kreatif yang otaknya penuh dengan ide-ide cemerlang. Penampilan mereka memang menjadi idaman para pekerja yang selama ini terpaksa bekerja dengan pakaian yang rapi, padahal mereka tidak harus bertemu dengan orang luar didalam pekerjaannya. Tipe-tipe pria The Free Spiritbanyak sekali Anda temui di perusahaan-perusahaan media, baik itu cetak maupun online. Banyak juga tersebar di agency-agency, serta event organizer.

Pria dengan gaya free spirit biasanya cenderung santai dan humoris. Tapi mereka juga memiliki sisi kreatif dan biasanya mereka juga merupakan seorang hardworker. Mudah bergaul menjadi nilai plus tersendiri bagi mereka. Dan kebanyakan dari mereka cenderung cuek dengan penampilan. Tipe orang yang apa adanya.

Dari hasil survei tim TalkMen dengan beberapa pria diatas, bisa disimpulkan bahwa gaya berpakaian kita saat ke kantor memang hampir 100% merupakan tuntutan pekerjaan. Disaat pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk bertemu dengan klien atau nasabah, sebuah hal yang mustahil jika Anda menemuinya dengan gaya santai layaknya The Free SpiritsWell, pakaian yang Anda pakai saat bekerja bisa jadi mencerminkan apa yang menjadi pekerjaan Anda, mates!