Teknoup.com --- Raksasa internet Google dilaporkan tengah menyiapkan perangkat wearable terbaru. Rumor tersebut diketahui dari publikasi pengajuan paten yang baru-baru ini didaftarkan oleh Google. Perangkat ini berbentuk lensa kontak dan di dalamnya terdapat kamera. Pengguna nantinya bisa mengambil foto dengan cara yang sangat mudah, yakni cukup dengan mengedipkan mata.

Dilansir Patent Bolt, dokumen paten yang diajukan menjelaskan bahwa lensa kontak ini bisa saja menggunakan lebih dari satu kamera. Salah satu manfaat yang bisa didapat dari teknologi ini ditujukan untuk membantu penglihatan seseorang. Sebagaimana disebutkan dalam referensi contoh, penyandang tunanetra dapat menggunakannya sebagai peringatan ketika ada hambatan di depannya.

Lensa kontak pintar tersebut bisa menangkap gambar, lalu mentransfer data ke smartphone, dan kemudian smartphone mengeluarkan suara peringatan tertentu. Teknologi ini disebutkan akan mempermudah dalam memandu seseorang ketika ia ingin menyebrang jalan dengan aman.

main_mid.[20]

Sebelumnya, Google juga pernah dilaporkan sedang mengembangkan lensa kontak pintar untuk kesehatan. Pada Januari lalu disebutkan bahwa Google sedang membuat lensa kontak dengan sensor yang mampu mengukur kadar glukosa seseorang. Seperti yang diketahui, biasanya untuk mengukur kadar glukosa perlu dilakukan dengan mengambil sampel darah. Targetnya, dengan alat tersebut, pengguna jadi lebih bisa mengatur asupan mereka secara seimbang.