Pernah dengar Kafe bernama Soldatenkaffee? Kafe yang berlokasi di Bandung ini terbilang kontroversial. Karena mengambil tema Nazi, kafe ini jadi sorotan dunia. Tapi sayangnya sekarang harus ditutup.

Dikutip dari AFP, kafe ini ditutup bukan karena tuntutan dari pihak-pihak yang merasa tersinggung. Bukan juga karena terlalu kontroversi dengan tema yang mereka usung.

Perwakilan dari Soldatenkaffee menyebut bahwa kafe mereka memang terlalu sepi sehingga omzet-nya minim. Sepinya pengunjung diklaim karena lokasi yang memang kurang strategis.



Kafe ini banyak memasang hiasan bernuansa Nazi. Foto Adolf HItler pun eksis sebagai salah satu hiasan di sana. Pemiliknya, Henry Maulana, justru mengklaim bahwa sebenarnya tema kafe ini bukan Nazi, tetapi Perang Dunia II.

Soldatenkaffee yang berarti Kafe Tentara dalam Bahasa Indonesia rencananya akan dibuka di tempat baru yang lebih strategis. Konsepnya akan dipertahankan karena menurut manajemen, tidak ada elemen Nazi yang membuat siapapun tersinggung di Indonesia dan legal untuk memajangnya.

Sementara ada juga yang mengkritik bahwa dengan tema Nazi menunjukkan bahwa minimnya pengetahuan tentang Holocaust dan genosida Nazi yang dipimpin Hitler kala itu.