Video ibu-ibu pengendara mobil yang masuk jalur TransJakarta di daerah Jakarta Timur viral di media sosial. Karena nggak cuma melanggar peraturan, ibu-ibu ini juga marah sampai mencakar-cakar polisi lalu lintas yang sedag bertugas.

Polantas Aiptu Sutisna itu mungkin sedang sial karena mendadak dapat cakaran ibu-ibu yang sedang emosi. Dia turun dari mobil dan marah-marah ke polantas. Sempat adu mulut juga dan berusaha mengambil lagi kunci mobilnya yang dipegang oleh Pak Polisi. Tarik-tarikan seragam polisi sampai robek pun nggak terelakan.

Embed: 

Sialnya, adegan itu terekam kamera dan sudah beredar di media sosial. Sepanjang hari kemarin sampai hari ini, video ini masih banyak disebarkan di Facebook, Twitter dan Instagram. Karena aksi ibu-ibu ini emang rusuh banget. 

Di jalan memang harus sabar-sabar menghadapi segala hal yang mungkin datang. Dan penting banget juga jaga sikap, karena jalanan nggak cuma dipakai sendiri bro. Jangan malah jadi sensasi kayak si ibu-ibu ini. Apa aja sih yang sebaiknya tidak dilakukan di jalan raya?

1. Masuk jalur TransJakarta.



Peraturannya sudah jelas kalau busway ya memang untuk bus TransJakarta. Usaha pemerintah untuk mengentaskan kemacetan ya dengan dibuatnya jalur ini dan dilalui oleh bus setiap harinya. Kalau mobil-mobil umum juga masuk ke sini, ya buat apa dibikin kan?

Sekarang banyak mata yang bisa melaporkan lewat media sosial kalau-kalau ada oknum nakal yang melintas di jalur TransJakarta. Kalau plat mobil sudah tertangkap kamera, ya hanya tinggal malu kalau nanti di judge banyak orang.

2. Keseringan menekan klakson, apalagi kalau macet.



Semua orang juga kesel sama macet di Jakarta. Tapi jangan bikin orang-orang makin kesel dengan terus-terusan menekan klakson mobil. Men, itu nggak akan bikin macetnya berkurang, atau mobil di depan loe jalan lebih cepat dari kemampuan mereka. So, be wise.

3. Jangan adu mulut sama petugas kalau salah.



Video ibu-ibu yang viral ini seenggaknya bisa jadi pelajaran. Kalau salah, sebaiknya jangan ngelawan sampai adu mulut sama petugas keamanan di jalan. Apalagi sampai main cakar. Kalau terekam video orang iseng dan disebarkan kan malu juga. Nggak bisa lagi santai-santai ke tempat nongkrong karena orang-orang bisa aja liat videonya dan ngasih tatapan mencela ke loe.

4. Taati peraturan lalu lintas.


Kalau loe nggak ngebolehin temen-temen buat nyentuh koleksi Gundam loe di rak di kamar, loe juga harus bisa lebih aware dengan apa yang nggak boleh dilakukan di jalan raya. Taat peraturan lalu lintas membuktikan bahwa loe menghargai diri loe sendiri dan juga orang lain bro.

5. Jangan kebawa emosi.



Banyak banget hal di jalan yang bisa memicu kemarahan dan emosi loe. Jadi berkendaralah dengan hati yang plong dan nggak mikirin macem-macem. Jadi loe juga bisa selamat sampai tujuan!