Dulu, mungkin jubah tembus pandang hanya merupakan khayalan anak-anak aja, namun siapa yang nyangka jika benda fantastis ini benar-benar berhasil diciptakan. Sejumlah ilmuwan dari Universitas Rochester yang telah menemukannya.

Konsep arsitektur dari jubah tembus pandang ini adalah dengan memanfaatkan lensa. Jadi, mampu menghilangkan obyek yang dimaksud, sedangkan benda-benda di sekitarnya masih bisa terlihat.

Sebenarnya lensa yang bisa memiliki fungsi menghilangkan ini udah sering dipakai oleh para dokter mata. Pada praktiknya, suatu benda bisa menghilang ketika ditempatkan di belakang sejumlah lapis lensa.

Melihat sejarah, sebenarnya konsep jubah tembus pandang ini udah pernah diteliti dan ditemukan oleh seorang ilmuwan fisika. Namun, proses untuk membuatnya sangat rumit, mahal, dan masih belum mampu menghilangkan obyek tiga dimensi dari berbagai sudut pandang.

Pada percobaan yang dilakukan, benda tersebut terbukti mampu menghilangkan obyek seperti tangan dan muka, sedangkan obyek di belakangnya masih terlihat.

Joseph Choi selaku mahasiswa dari Universitas Rochester mengatakan jika pengaplikasian jubah ini sangat banyak. Misalnya untuk proses operasi pasien, desain interior bangunan hingga keperluan militer.

Nah, jika kamu pengen buat hal unik seperti ini, kamu hanya perlu menyiapkan dana sebesar USD 100 atau setara dengan Rp 1,2 juta aja. Jika tertarik, tutorialnya udah banyak disebar tuh!