Indonesa mengekspor gerbong kereta ke Bangladesh. Dalam waktu dekat ini, Indonesia akan mengekspor kapal perang ke Filipina. Cool!

Kapal perang berjenis SSV (Strategic Sealift Vessel) ini akan diekspor April. Kapal ini bro, sudah jadi kapal kedua yang diekspor PT PAL Indonesia (Persero) ke Filipina setelah unit berjenis sama dikirim Mei tahun lalu.

Filipina berencana akan menggunakan kapal ini di The Departement of National Defense of The Phillippines atau Kementrian Pertahanan Nasional Filipina. Dan dari kapal ini, Indonesia mendapat pemasukan yang cukup tinggi.



Dua kapal yang diproduksi ini memiliki nilai kontrak mencapai Rp 1,1 trilyun. Angka ini menjadi pencapaian penting. Kapal ini juga merupakan ekspor alutsista pertama yang pernah dilakukan Indonesia bro.

Tapi jangan salah, Indonesia juga sudah pernah melakukan ekspor kapal ke luar negeri yang bukan untuk kebutuhan militer. Seperti ke Turki dan Jerman.

Jadi gimana sih awalnya Indonesia bisa dapat pesanan kapal perang dari Filipinia ini?



Ternyata Indonesia menang tender internasional kepada Filipina pada 2014 lalu. Indonesia mengalahkan delapan negara yang ikut dalam tender ini termasuk Korea Selatan dan Australia.

Kapal SSV ini dibuat di Surabaya dengan panjang 123 meter dan lebar 21,8 meter. Kemampuan lajunya mencapai 16 knot dengan jarak maksimal 9.360 dan daya angkut 621 personel. Fasilitas president room dan ruang operasi juga ada di dalamnya.

Keren ya Indonesia!