Virus baru menyerang penggila game mobile. Belakangan, banyak pengguna smartphone yang matanya terkonsentrasi sambil mengetuk-ngetukkan jarinya di layar smartphone. Yak, mereka terbius game baru bernama "Flappy Bird".

banner-ads

Apa sih yang bikin Flappy Bird menjadi sebuah fenomena? Kenapa semakin banyak yang ngomongin game ini di media sosial? Padahal, kalo lihat tampilannya, game ini terlihat biasa aja dan terkesan gampang dimainkan.

Sarah Young dari firma mobile advertising NativeX mencoba menganalisis kenapa Flappy Bird menjadi sangat digemari, seperti dilansir Venturbeat, Rabu (1/2).

Salah satu alasannya, gameplay yang mengandalkan kelincahan itu bisa dimainkan dalam waktu yang gak lama sehingga pemain secara gak sadar mengulangnya terus-menerus saat "game over".

Gak sampe di situ, pemain juga ingin pamer skor yang dicapainya kepada yang lain, sehingga beredar viral di berbagai media sosial, seperti Twitter, Facebook, sampe Path. Selain skor, pemain Flappy Bird juga pamer soal perjuangan "hidup-matinya" untuk meraih skor tertentu. Wah!

"Game ini membuat ketagihan," ujar Young. Selain itu, Flappy Bird juga disebut kompetitif dan menantang, butuh keterampilan tinggi, sesi permainan yang singkat, sulit dimenangkan, dan pemain seolah bernostalgia dengan game 8 bit jadul.

Flappy-bird-hack-How-to-get-High-score-306423-large

Flappy Bird menjadi game populer di platform iOS dan Android selama beberapa pekan belakangan. Walau tampilannya sederhana, namun game ini memiliki gameplay yang susah, Bro.

Kepopuleran Flappy Bird gak dibantu oleh promosi besar-besaran, bot di jejaring sosial, atau promosi berbayar dan review-review palsu. Kepopulerannya murni karena game ini berhasil bikin orang penasaran.

Dalam game ini, pemain harus menjaga agar seekor burung tetap terbang mengepakkan sayapnya dengan cara mengetuk (tap) layar smartphone.

Eits, gak cuma sembarang terbang aja, namun tantangannya di sini adalah menjaga agar burung tersebut gak menabrak pipa-pipa hijau dengan cara terbang melalui celah-celahnya.

By the way nih, Bro. Pipa-pipa hijau tersebut sepintas mengingatkan kita pada game Mario Bros di platform Nintendo, lho!

 

Sumber: tribunnews.com