Bumi makin tua, energi yang berasal dari sumber daya alam yang nggak bisa diperbarui pun makin tipis. Jika hal ini tetap diteruskan tanpa adanya inovasi brilian, maka bisa dipastikan kehidupan manusia bakal terpuruk bahkan bisa lebih buruk lagi. Untungnya, para peneliti seperti nggak kenal lelah dalam mencari alternatif-alternatif energi yang baru.

banner-ads

Akhirnya, mereka berhasil mengembangkan beberapa energi alternatif yang bakal sangat berguna di masa depan. Apa aja? Simak ulasannya berikut.

Hidrogen

Aman, ramah lingkungan dan berpotensi lebih murah, membuat hidrogen banyak sekali dikembangkan jadi sumber energi alternatif. Saat ini para peneliti masih terus mengembangkan cara agar hidrogen nggak mudah terbakar atau beku. Aplikasi nyata dari hidrogen adalah digunakannya salah satu jenis gas ini sebagai bahan bakar utama beberapa mobil dan berhasil sempurna.

Ubur-ubur

Banyak dari jenis ubur-ubur mampu menghasilkan cahaya di dalam gelap, potensi inilah yang bakal dimanfaatkan oleh para peneliti. Si hewan kenyal transparan tersebut menghasilkan flourescent yang memungkinkan tubuhnya bersinar. Para peneliti kemudian melakukan penelitian dengan meneteskan zat tersebut ke sebuah elektroda aluminium yang kemudian terpapar sinar matahari. Ajaib banget ternyata mampu menghasilkan listrik. Jumlah ubur-ubur pun melimpah, bakal jadi energi yang nggak pernah habis nih!

Energi panas tubuh

Nggak usah jauh-jauh, tubuh manusia sendiri ternyata bisa dikembangkan menjadi sumber energi alternatif. Memanfaatkan panas dan dingin tubuh manusia, ternyata hal tersebut bisa dikonversi menjadi listrik. Ke depannya, kamu nggak bakal susah-susah cari colokan listrik. Brilliant!

Masih banyak sekali sumber energi alternatif yang tersembunyi menunggu untuk ditemukan. Kira-kira hal unik apa lagi yang bisa berpotensi jadi energi primer masa depan? Let’s find out!