Menilik dari kejadian hilangnya pesawat AirAsia beberapa waktu yang lalu, ternyata ada beberapa fakta unik yang terjadi. Salah satunya adalah prestasi tim SAR atau Search and Rescue ketika berupaya mencari jejak pesawat dan juga korban. Seperti yang kamu tahu hanya dalam beberapa hari, mereka sukses membuat progres yang memukau. Hal ini pun berbuah pujian dari banyak orang termasuk negara-negara asing.

Keberadaan SAR sendiri adalah hal yang penting. Bahkan bisa dianggap jika mereka adalah satu-satunya penyelamat yang bisa diandalkan ketika hal-hal buruk terjadi. Selain tim penyelamat milik Indonesia, tercatat ada pula beberapa SAR dunia yang juga memiliki prestasi dan kemampuan memukau. Berikut adalah daftarnya.

The United States Coast Guard (AS)

Pasukan SAR Amerika Serikat ini berada langsung di bawah beberapa angkatan militer negeri Paman Sam ini. Meskipun begitu, mereka juga dibekali skill yang nggak kalah keren termasuk menggunakan berbagai peralatan perang. Pasukan penyelamat ini tercatat memiliki track record yang baik, terutama dalam penyelamatan korban bencana.

RAF Search and Rescue Force (Inggris)

Tim SAR Inggris ini tercatat pernah melakukan misi penyelamatan terbesar di dunia. Tercatat pada perang dunia kedua, RAF Search and Rescue Force berhasil menyelamatkan sekitar 8.000 anggota militer dan 5.000 warga sipil. Saat ini, mereka juga kerap kali melakukan berbagai misi penyelamatan.

Tokushu Kyunnan Tai (Jepang)

Tercatat, negeri sakura juga memiliki tim penyelamat yang nggak kalah hebat bernama Tokushu Kyunnan Tai. Berada di bawah bendera pasukan penjaga pantai Jepang, tim ini pernah melakukan serangkaian misi berbahaya dan sukses besar. Salah satunya adalah evakuasi korban tsunami dan juga kebocoran nuklir beberapa tahun yang lalu.

Yuk, dukung terus upaya SAR Indonesia agar lebih mampu lagi melakukan hal-hal hebat dan bisa menjadi kebanggaan negeri ini.