Ada sekitar 1500 gunung aktif di dunia saat ini yang masing-masing punya potensi untuk meletus tiap harinya. Jika satu aja bisa berbuah bencana yang sangat dahsyat, pernah bayangin nggak jika semua gunung api erupsi bersamaan? Pastinya saat itu dunia benar-benar menemui apa yang banyak orang sebut dengan kiamat. Tapi, ternyata para peneliti berbeda pendapat mengenai hal ini.

Memang bakal terjadi sesuatu yang sangat mengerikan, tapi hal tersebut nggak sampai membuat bumi benar-benar hancur. Dilansir dari Live Science, inilah yang terjadi jika 1500 gunung di dunia ini meledak bersamaan.

Gelap total

Jika sebuah gunung Kelud aja bisa membuat sebagian jawa jadi gelap, pastinya udah bisa dibayangkan jika semua gunung api meletus. Sepertinya bumi nggak menemui siang hari untuk beberapa tahun ke depan.

Hujan asam dan punahnya biota laut

Erupsi akan menghasilkan jutaan kubik gas-gas beracun yang kemudian naik menuju atmosfir dan kemudian memicu terjadinya hujan asam. Volume hujan yang besar pastinya akan mencemari sebagian besar laut dan mengancam seluruh kehidupan di dalamnya.

Zaman es kembali

Debu yang menyelimuti bumi menghalangi cahaya matahari bahkan memantulkannya. Hal ini bakal membuat suhu bumi makin turun secara drastis. Musim semi, panas dan gugur bakal hilang untuk selamanya dan dunia kembali ke zaman es.

Untungnya, hal ini sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi. Meskipun begitu, aware terhadap perubahan alam adalah suatu kewajiban.