Merdeka.com --- Baru-baru ini tim ilmuwan yang terdiri dari para astronom Universitas Pennsylvania dan lembaga terkait telah mempublikasikan bahwa ada sebuah planet yang memiliki kandungan air seperti di bumi.

Planet tersebut bernama Tau Bootes, yang memiliki kandungan air yang dapat terdeteksi melalui atmosfer dari planet tersebut. Tau Bootes berukuran sebesar Jupiter dan memang memiliki orbit di dekat Jupiter.

"Pendeteksian kami mengenai air di atmosfer Tau Botes adalah penting karena membantu kami memahami bagaimana planet-planet eksotis sepanas Jupiter terbentuk dan berevolusi," ujar Chad Bender dari jurusan Astronomi dan Geofisika Universitas Pennsylvania, seperti yang dikutip dari Antara (26/2).

Sebelumnya para ilmuwan berhasil mendeteksi air pada sejumlah planet lainnya dengan menggunakan teknik yang hanya bisa beroperasi jika sebuah planet memiliki orbit yang melewati di depan bintangnya, ketika menghadap Bumi.

Jika saja ditemukan kandungan selain air di planet ini dan memungkinkan untuk manusia tinggal di planet tersebut, bukan tidak mungkin itu menjadi kabar baik. Pasalnya, kini banyak orang yang sudah enggan hidup di bumi. Jadi, inikah planet pengganti bumi nantinya?