Teknoup.com --- Aplikasi penjelajah internet besutan Internet Explorer mungkin masih kalah populer dibanding Google Chrome. Namun browser besutan Microsoft itu ternyata punya keunggulan yang lebih dibanding Chrome, Firefox, ataupun Opera. Menurut penelitian, Internet Explorer mengalahkan ketiganya dalam urusan daya tahan baterai. Internet Explorer mencatat nilai tertinggi dibanding rivalnya.

Penelitian efisiensi daya Internet Explorer (IE) sudah pernah dilakukan oleh Microsoft, dan hasil pengujian terbaru yang dilakukan situs 7tutorials kembali membuktikan hal tersebut. Browser IE dilaporkan lebih hemat pemakaian baterai pada perangkat laptop dan tablet Windows mereka.

Uji penggunaan baterai dilakukan dengan Peacekeeper dan dilakukan pada beberapa perangkat berbeda, yakni tablet Toshiba Encore 8 inci, Surface Pro 2, dan laptop HP Pavilion. Tiap pengujian dilakukan dengan membandingkan kinerja IE versi terbaru (versi touch dan desktop), Firefox, Chrome, dan Opera.

 

e1

 

Di Toshiba Encore, IE versi touch mengalahkan pesaingnya dengan mampu berjalan selama 8 jam 52 menit. Sedangkan IE versi desktop berjalan selama 7 jam 45 menit. Catatan waktu tersebut lebih panjang jika dibanding tiga browser lainnya dengan masa pakai baterai sekitar 6 jam.

 

e2

 

Sementara di tablet Surface Pro 2, IE versi desktop justru lebih lama bertahan dibanding versi touch. IE versi desktop justru lebih boros pemakaian baterai dibanding Firefox dan Opera. Hasil ini cukup mengherankan, mengingat baik laptop Toshiba Encore maupun Surface Pro 2 menjalankan Windows 8 versi full (bukan RT). Kemungkinan, tablet Surface Pro 2 masih memiliki masalah firmware yang perlu diperbaiki.