Air Force One, kendaraan ini digadang menjadi pesawat kepresidenan paling canggih dunia. Dibentuk dari Boeing 747-200B yang di-custom, pesawat ini dijejali dengan berbagai hal untuk menunjang mobilitas sang presiden. Mulai dari kenyamanan super tinggi hingga keamanan maksimum. Pesawat ini punya banyak sekali keunggulan yang sepertinya Indonesia harus punya. Mulai dari ruang-ruang suite hingga dapur yang bisa menyajikan 100 jenis makanan sekaligus.

Intip apa aja sih yang ada di pesawat penumpang paling aman di dunia ini.

Dimensi

Air Force One punya dimensi seperti Boeing pada umumnya, yakni tinggi 63 kaki, panjang badan 232 kaki, serta 195 kaki bentangan sayapnya. Kalau susah, coba bayangkan sebuah gedung berlantai enam dengan lebar lantai sekitar 4000 kaki.

Fasilitas

Namanya pesawat presiden, tentu aja Air Force One dilengkapi dengan banyak fasilitas. Untuk ruang presiden sendiri berisi tempat tidur suite, shower, hingga mini gym. Ada pula oval office yang khusus digunakan untuk rapat penting dengan orang-orang tertentu. Nuansa mewah nggak hanya terasa di ruang presiden aja, hampir setiap sudut menawarkan kesan lux karena emang dibuat oleh mereka para ahli. Nyaman dan bikin betah!

Keamanan

Keamanan jadi prioritas utama, apalagi Air Force One ditumpangi orang nomor satu Amerika yang notabene bisa disebut sosok penting sedunia. Pesawat ini pun dilengkapi dengan banyak sekali fitur keamanan. Mulai Mirror-Ball Defense yang ada di bagian depan sayap untuk mengecoh sistem rudal musuh, Electronic Countermeasure untuk mengacau radar, atau Flare yang ada di belakang booster untuk melumpuhkan misil. Ada pula beberapa pintu darurat yang nggak terlihat di beberapa bagian, serta yang paling greget adalah dilapisinya seluruh body pesawat dengan anti nuklir dan kaca pesawat anti tembak. Super cool!

Berbekal semua keunggulan ini, nggak heran jika negara harus mengeluarkan sekitar USD 206.337 untuk setiap kali presiden menggunakan pesawat ini. Wih, Indonesia sepertinya harus punya yang seperti ini nih!