Masih mimpi punya kehidupan enak di ibukota? Well, sepertinya kamu harus persiapkan diri dengan berbagai hal khususnya pertahanan diri. Alasannya karena Jakarta diklaim sebagai kota yang paling nggak aman sejagat. Hal ini berdasarkan The Safe City Index yang udah dirilis oleh Economist Intelligent Unit beberapa waktu yang lalu. Wih, ngeri juga tuh!

Jakarta mendapatkan skor 53,71, jauh banget dengan beberapa kota lain seperti Tokyo yang sukses menjadi The Safest City in The World dengan skor 85,63. Masuk pula dalam jajaran kota paling aman di dunia yaitu Singapura, Osaka, Stockholm dan juga Amsterdam.

Kenapa Jakarta bisa masuk dalam kota paling berbahaya di dunia? Menurut survey dari salah satu majalah ternama, ibu kota sangat kurang dalam berbagai aspek. Misalnya keamanan warga, keamanan infrastruktur, keamanan digital, angka kejahatan, jumlah kematian nggak wajar, hingga masalah kesehatan. Wuih, dengan banyak sekali kekurangan seperti itu nggak heran jika Jakarta diganjar gelar menyedihkan ini.

Cukup miris melihat kenyataan jika sang ibu kota kebanggaan ternyata jadi kota paling nggak nyaman di dunia. Hal ini seharusnya bisa dijadikan pelajaran agar pihak-pihak terkait dan juga seluruh masyarakat turut membantu membuat Jakarta kembali aman dan lebih baik.

Nggak cuma Jakarta, berturut-turut di belakangnya sebagai kota paling berbahaya di dunia yakni Teheran, Ho Chi Minh City, Johannesburg dan juga Riyadh. Nggak ada kata terlambat untuk apa pun. Bikin ibu kota lebih aman, yuk! We can do it!