Di hari libur gini emang paling enak hunting foto. Loe bisa datang ke berbagai tempat dalam satu hari dan memotret banyak gambar dan momen. Kendala yang biasanya muncul sih pasti masalah baterai kamera.

Secara default ada banyak fitur di kamera loe yang aktif ketika dalam posisi hidup. Tapi mungkin nggak semuanya loe butuhkan. Nah mematikan fitur ini bisa lumayan menghemat baterai lho! 

Begini cara yang bisa loe terapkan:

1. Screen brightness



Kecerahan layar biasanya berada di mode otomatis. Jadi ketika loe sedang memotret outdoor dibutuhkan kecerahan maksimal. Tapi ini justru bisa bikin baterai kamera loe drop bro. Jadi mending minimalkan kecerahan layarnya supaya baterai loe tahan lebih lama.

2. Sensor cleaning



Pada produk tertentu, setiap kali menyalakan atau mematikan kamera sensor kameranya akan dibersihkan. Ternyata ini juga bisa menguras tenaga baterai kamera loe. Cek ke setting dan nonaktifkan fitur ini supaya bisa memotret lebih lama. Tapi jangan sering mematikan dan menyalakan kamera juga ya supaya baterai lebih awet.

3. Cek koneksi Wi-Fi



Secara nggak sadar biasanya Wi-Fi kamera loe aktif dan langsung terkoneksi dengan kamera. Pastikan koneksi ini terputus dan Wi-Fi di kamera loe nggak aktif. Karena Wi-Fi bisa menguras baterai secara maksimal banget.

4. Matikan Penstabil



Di kondisi cahaya yang pas loe mungkin nggak butuh penstabil. Apalagi kalau menangkap momen yang nggak bergerak terlalu cepat. Jadi matikan penstabil di kamera loe dan manfaatkan tripod untuk membuat gambarnya nggak blur.

5. Matikan review gambar



Sehabis memotret biasanya akan muncul preview gambar yang baru saja loe jepret. Matikan juga mode preview ini bro. Karena proses melihat foto ini pun bisa mengurangi bar baterai loe.

Silakan dicoba!