Eh, udah masuk bulan Oktober nih. Kalau di Jerman ada perayaan yang namanya Oktoberfest. Apa itu?

Oktoberfest merupakan perayaan khas Jerman. Dalam acara ini semua orang bisa menikmati bir khas Bayern, salah satu daerah di Jerman dan makanannya yang umumnya sosis daging babi. Di Jerman, bir khusus acara dibuat di Munich, yang memang kondak dengan bir paling oke rasanya.

Gimana sih sejarah awalnya Oktoberfest? Begini Bro ceritanya, Pangeran Ludwig pada Oktober 1810 menikahi putri Therese. Seluruh penduduk Bayern diajak untuk berpesta di depan gerbang kota untuk merayakannya. Maka lokasi pesta itu dinamai Theresienwiese untuk menghormati sang putri.

Pada masa itu juga digelar lomba pacuan kuda dan festival kebudayaan. Nah, sejak itu nama Oktoberfest menjadi terkenal dan dilakukan setiap tahun sampai sekarang.

Di Munich sendiri, Oktoberfest menyedot perhatian enam juta turis yang masih digelar di Theresienwiese sampai sekarang. Gelaran ini berlangsung selama 16 hari dengan tenda yang menyajikan makanan dan minuman.

Salah satu tenda Oktoberfest paling besar adalah Hofbräufestzelt, tenda yang dikelola pembuat bir Hofbräu yang bisa menampung hampir 10 ribu orang. Diperkirakan sebanyak 780 liter bir dan 6000 sosis laris dalam 16 hari penyelenggaraannya.

Tapi sayang loe bakal sedikit kesulitan untuk ikut merayakannya di sana Bro. Sebab pemerintah Jerman tahun ini sedang membatasi masuknya warga asing, karena banjir pengungsi Suriah.

Diperkirakan, sebanyak enam juta liter bir bakal disajikan sepanjang festival berlangsung. Ini bukan hanya festival makan minum saja Bro, tetapi ada pasar malam dan keriaan lainnya. Tapi perayaan ini bukan alasan kencing sembarangan ya, sebab kencing sembarangan di acara ini loe bakal didenda 100 Euro. Lumayan tuh.