Selamat datang bulan Ramadan. Selamat bagi loe yang berhasil bangun di sahur pertama. Belum tergoda dengan aroma warung nasi padang dan kopi pagi kan, Bro?

Tinggal menunggu beberapa jam lagi untuk berbuka puasa. Di belahan bumi lain, mungkin tidak seberuntung loe yang berada di Indonesia. Dilansir dari Huffington Post, di hari pertama puasa Ramadan ini, kaum muslim di Reykjavik, Iceland, wajib menahan lapar hampir 22 jam lamanya.

Berarti dari berbuka sampai sahur, loe hanya punya waktu 2 jam untuk kemudian berpuasa lagi. Peringkat kedua dipegang oleh Stockholm, Swedia, dengan durasi puasa 20 jam 17 menit. Indonesia sendiri berada di peringkat 22 dengan durasi puasa rata-rata 13 jam 1 menit saja.



Jadi, jangan manja Bro. Hormati orang lain yang tidak berpuasa karena tantangan yang loe hadapi belum apa-apa dibanding kaum muslim di Reykjavik. Isi waktu puasa dengan aktivitas yang berguna. Tidur siang, ngabuburit bareng teman, well banyak lagi yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka.