Merdeka.com --- Motor modifikasi ini merupakan sebuah persembahan khusus untuk sebuah perusahaan kopi asal luar negeri sana. Di bawah tangan dingin seorang modifikator bernama Christian Schwarzenlander dari ExesoR Motorycles, motor modifikasi yang merupakan gabungan CB250, CB360 dan sebagian dari CB400 akhirnya jadi setelah hampir dua tahun proses pengerjaan.

banner-ads

Motor modifikasi yang mengambil aliran cafe racer ini berasal dari Honda CB250 1976 yang didaptkan melalui eBay dengan mahar seharga US$ 340 atau setara Rp 4 jutaan. Setelah mendapatkan motor ini, sang modifikator langsung menentukan konsep motor cafe racer dengan tanpa sentuhan krom (putih) melainkan menggunakan krom hitam dengan perpaduan bodywork yang terbuat dari bahan plat galvanis stainless steel.

honda-cb-cafe-racer3

Sang empunya mencoba mengabungkan antara frame (rangka) dari CB250 dan memasukkannya mesin dari CB360, sehingga kapasitas mesin menjadi 390cc setelah dibore-up ulang. Sesuai rencana awal kickstart akan dilengserkan menjadi hanya memiliki fitur elektrik starter saja. Sebuah sistem pengapian dari Dyna dipercaya untuk mengontrol letupan api pada ruang bakarnya.

honda-cb-cafe-racer-2

Sektor suspensi depan dia up-grade dengan menggunakan part springs dari Wirth namun tetap menggunakan tabung fork bawaan CB250. Di mana dia juga melapisi bagian dalam tabung forknya dengan lapisan DLC (diamond like carbon threatment). Lapisan ini merupakan teknologi yang biasanya digunakan pada spek motor balap.

honda-cb-cafe-racer1

Untuk sektor swingarm mencomot part dari CB400 yang dikustom ulang dengan menambah panjang hingga 7 cm. Selain itu dia juga menambahkan cafer racer ini dengan tensioner kustom - fabrikasi, dan rem teromol yang telah dimodifikasi dengan ventilasi ekstra agar tetap dingin selama perubahan suhu saat rem bekerja keras.