Sebuah survei tahunan untuk menunjuk negara yang paling nyaman di dunia kembali digelar. Event yang digelar oleh Anholt-GfK Roper Nation Brands Indeks (NBI) tersebut menyatakan jika Jerman lah yang menjadi idola semua orang untuk ditinggali. Amerika Serikat yang memenangkannya setahun lalu harus puas berada peringkat kedua.

Banyak alasan yang membuat para koresponden memilih negara Panzer ini. Tapi, yang paling kuat adalah karena negara ini berhasil menjuarai piala dunia FIFA yang telah usai beberapa bulan lalu. Kesan disiplin dan juga sebagai negara maju merupakan alasan lain yang mendorong terpilihnya negara tempat gelaran Bundes Liga ini.

“Jerman meraih simpati selain karena prestasi dalam piala dunia tahun ini. Negara itu juga berhasil memainkan peran sebagai jangkar ekonomi Uni Eropa,” ungkap peneliti independen Simon Anholt.

Negara yang memiliki semboyan Uber Alles ini emang banyak menciptakan prestasi , dan pemerintahannya sendiri pun dianggap kompeten, penuh tanggung jawab dan bisa membuat sejahtera rakyatnya. Sedangkan Amerika Serikat yang memenangkan gelar ini tahun lalu harus rela turun di peringkat kedua gara-gara sikapnya yang nggak aktif menengahi konflik Palestina Israel.

Survei ini dianggap paling valid karena kriteria yang diajukan lumayan banyak dan detail, misalnya aspek ekspor, pemerintah, budaya, etnis, turisme serta kebijakan imigrasi. Jumlah korespondennya juga sangat banyak yakni sekitar 20.125 orang dari berbagai negara.
Selain Jeman dan Amerika Serikat, berikut adalah 10 besar negara paling disukai di dunia.

1. Inggris
2. Prancis
3. Kanada
4. Jepang
5. Italia
6. Swiss
7. Australia
8. Swedia