Sepertinya tayangan berbau khas India ngga akan segera hilang dari layar kaca. Setelah sukses menarik para pemirsa dengan cerita Mahabarata, stasiun televisi tersebut akan menghadirkan Jodha Akbar. Film ini bercerita tentang latar belakang bagaimana Taj Mahal yang keren itu didirikan.

Cerita dari pembangunan Taj Mahal tersebut emang sangat unik untuk diikuti. Menurut literatur yang ada Taj Mahal dibangun oleh Syeh Jehan. Lalu apa hubungannya dengan Jodha Akbar? Ternyata Syeh Jehan adalah cucu dari Sultan Akbar atau Abdul Fatah Jalaludin Muhammad Akbar yang lahir tahun 1542 dan meninggal pada usia 63 tahun.

Nama Akbar dari Jodha dan Akbar ternyata adalah nama seorang Sultan yang pernah menguasai India, dan Jodha sendiri ternyata adalah ratu dari Sultan Akbar. Yang bikin unik dari cerita pasangan ini adalah, meskipun Sultan Akbar adalah seorang muslim, ternyata istrinya adalah seorang hindu. Karena rasa cintanya yang besar kepada Jodha, kemudian Sultan menerima sarat yang diajukan oleh Jodha yakni mempersilahkan Sultan mempersunting dirinya namun ngga memaksanya untuk berpindah keyakinan.

Sultan kemudian menerima syarat tersebut, dan bahkan Sultan juga membangun kuil-kuil yang bisa digunakan istrinya untuk berdoa. Meskipun pernikahan tersebut ditentang banyak ulama saat itu, namun mereka berdua ngga bergeming. Dari pernikahan tersebut lahirlah Jahangir, dan dari istri Jahangir lah kemudian lahir Syeh Jehan.

Melihat jalan cerita yang unik tersebut, maka film seri ini layak banget untuk diikuti serta diambil pelajarannya, baik sejarahnya maupun pesan yang tersirat di dalamnya.