Ujian Nasional? Sudah. Lulus? Sebentar lagi. Coret-coret baju dengan teman-teman sejati yang mungkin bakal loe temui lagi hanya pada waktu libur lebaran? Nanti, kalo dinyatakan lulus. Kini, saatnya loe mulai berpikir untuk menentukan tempat kuliah terbaik yang bakal menjadi batu loncatan sebelum memasuki dunia yang sesungguhnya! Dunia kerja.

Bagi loe yang masih tersangkut di kawat-kawat kegalauan karena bingung cara memilih Perguruan Tinggi terbaik, masih takut salah jurusan, ini adalah tips yang bakal memberi solusi buat Bro-Bro sekalian supaya bebas dari rasa galau yang menjalar ke seluruh raga.

Survei Kampus Pilihan Loe

Mana yang lebih loe pilih? Kampus dekat rumah saja yang penting kuliah, atau kampus jauh di seberang lautan tapi bikin betah belajar dan mengangkat prestasi loe?

Jangan malas mencari berbagai informasi hingga sedetil-detilnya tentang kampus yang bakal loe tuju, Bro. Kalau perlu, cari koneksi yang sedang atau pernah kuliah di kampus incaran loe. Tanya kepada mereka, segala hal yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih tempat itu.

Pahami Diri Loe

Memahami orang lain mungkin mudah, Bro. Tapi paham keinginan diri sendiri itu kadang jadi hal paling susah. Apalagi kalau masalah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu, nggak usah sungkan buat bertanya mengenai keunggulan loe kepada teman, keluarga, atau bahkan guru di sekolah.

Ingat Bro. Loe bakal lebih rajin kalau kuliah di tempat yang sesuai dan mengembangkan minat loe.

Pikirkan Biaya Hidup

Setelah ketemu kampus yang bakal dipilih, kini saatnya hitung-hitungan berapa besar biaya yang bakal loe keluarkan untuk mencapai kampus serta biaya lainnya, seperti kos dan makan. Penting, Bro. Selalu sesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga. Loe juga bisa bertindak lebih bijak dengan membantu keluarga dalam membayar biaya kuliah. Cari kerja part-time, Bro. Buat diri loe lebih bermakna di mata keluarga dan sahabat.

Be smart and be wise. Dengan semakin ketatnya persaingan antar-Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta, semua berlomba untuk memberikan yang terbaik buat loe. Tapi, segala keputusan tetap ada di tangan loe dalam memilih yang terbaik. Pertimbangkan peluang loe dalam mendapatkan beasiswa, pertukaran pelajar dan lain-lain. Serta perhatikan jaringan kerja sama universitas yang bakal loe masuki dengan perusahaan-perusahaan. Ini penting untuk mempermudah langkah selanjutnya saat loe lulus dan mencari kerja.