Entah untuk kepentingan promosi atau hanya sekedar ingin berjualan, saat ini promotor yang mendatangkan artis internasional memiliki caranya sendiri dalam membuat 'gelaran'nya sukses. Hal ini dapat dilihat dengan maraknya penawaran kaos sang artis/musisi sebagai merchandise. Kaos ini pun memiliki lesensi karena tentunya sudah memiliki izin dari sang artis. Merchandise (yang seringnya kaos) ini dijual pada saat konser dengan harga jauh di bawah kaos impor. Kaos ini juga merupakan penanda untuk pemakainya bahwa mereka memang benar-benar mengidolai sang artis dan datang sebagai bagian dari acara/konser sang artis. Merchandise pun lalu bisa dijadikan strategi untuk membuat calon penonton membeli tiket lebih awal. Seperti yang saat ini tengah dipromosikan oleh 'Lian Mipro' atas kedatangan band asal Brasil 'Sepultura' pada 4 Desember nanti. Kaos 'Tour Sepultura' ini disediakan gratis jika penonton memesan tiket pre-sale konsernya. Namun bila penonton telat membeli tiket pre-sale dan tetap ingin memiliki kaos tersebut, harga normalnya adalah Rp. 90.000,- yang disediakan di arena konser. [rsk] Sumber: liveatloud@blogspot.com Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.combanner-ads