Seperti yang diketahui, beberapa waktu yang lalu majalah Forbes telah melansir daftar 50 orang terkaya di Indonesia.  Banyak nama-nama lama dan baru tersemat di daftar tersebut, tapi ketika dilihat lebih detail ada satu yang sangat menarik perhatian. Yup, ia adalah Kartini Muljadi, perempuan paling kaya di negeri ini.

Tahun ini, ia sukses menempati urutan ke 29 dari 50 orang terkaya di negeri ini dengan total kekayaan mencapai USD 1,1 miliar atau Rp 12 triliun. Peringkat ini sebenarnya malah turun dari tahun lalu. Diketahui pada 2013 lalu, Kartini sukses bercokol di peringkat 19 dengan jumlah kekayaan mencapai USD 1,4 miliar.

Sumber kekayaannya didapatkan dari bisnisnya di bidang industri farmasi dan obat-obatan. Diketahui, ia adalah pemilik beberapa brand besar seperti Bodrex dan Hemaviton. Tapi, saat ini bisnisnya tersebut dijalankan oleh anaknya, Handojo Slamet Muljadi. Ia kini lebih suka mengawasi dari pada langsung terjun ke dalam perusahaan. Faktor usia sepertinya juga menjadi hal yang dipertimbangkannya.

Selain menjadi pengawas perusahaan, salah satu pemilik saham Group Tempo ini, saat ini lebih fokus di bisnis konsultan hukumnya, Kartini Muljadi & Rekan. Latar belakang pendirian usaha tersebut lantaran ia sendiri adalah mahasiswa jurusan hukum Universitas Indonesia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1990 tersebut udah sukses banget hingga mencapai level Asia Tenggara.

Meskipun sangat kaya, siapa yang menyangka jika Kartini sangat gemar melakukan berbagai kegiatan sosial. Di usianya yang udah mencapai 84 tahun ini, udah beberapa aktivitas kemanusiaan sukses berkat bantuan darinya. Salut!