Sejak menjadi gubernur hingga terpilih menjadi presiden seperti sekarang ini, Jokowi emang dikenal dengan pemikirannya yang revolusioner. Salah satu program yang paling identik dengannya adalah pemberian beberapa jenis kartu untuk mereka yang nggak mampu secara sosial. Yup, ada KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan juga KIS (Kartu Indonesia Sehat). Secara kasat mata emang cukup berhasil sih, tapi ternyata nggak begitu halnya ketika di lapangan.

Seperti yang diduga banyak orang sejak lama, program semacam ini bakal mudah untuk disalah gunakan. Benar aja, beberapa waktu yang lalu ada banyak temuan mengejutkan tuh. Bahkan Jokowi sendiri mengetahui ini. Uang yang awalnya untuk hal-hal primer seperti pendidikan dan pelayanan berobat malah digunakan untuk mencukupi kebutuhan yang lain.

© Kapanlagi

Menanggapi hal tersebut Jokowi pun cukup geram dan bahkan mengancam bakal mencabut kartu ini. Presiden juga mengatakan nggak segan-segan menindak langsung begitu menemui penyalahgunaan. Kejadian ini emang udah menjadi rahasia umum dan sepertinya bakal sulit untuk ditanggulangi lantaran jumlah penerimanya sangat banyak dan nggak gampang dideteksi.

Salah satu implementasi KIS dan KIP adalah dengan memberikan uang tunai. Jelas banget ini gampang disalahgunakan. Kenapa nggak coba hal lain seperti menciptakan lapangan pekerjaan baru aja? Selain nggak bikin mental rakyat seperti peminta-minta, hal seperti itu juga bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun yang menghimbau adalah presiden sendiri, sepertinya nggak menjamin deh penyalahgunaan kartu sakti ini bakal langsung berhenti. Tapi, mudah-mudahan udah nggak ada lagi hal-hal seperti itu Bro.