April ke Mei ini lagi banyak banget hari libur. Dan kalau loe perhatikan kalender, hari-hari libur ini selalu diberi warna merah. Kenapa begitu ya?

Ternyata warna merah di kalender ini punya sejarah yang panjang bro. Dan itu datang turun temurun dari negara yang pernah menjajah Indonesia dulu: Belanda.


Belanda sendiri adalah negara bekas jajahan bangsa Romawi. Bangsa Romawi Kuno di Italia selalu berhenti beraktivitas di hari Minggu dan menjadikannya sebagai hari ibadah.

Selain itu, bangsa Romawi Kuno juga punya kebiasaan mewarnai merah hari-hari libur seperti hari Minggu. Dan haru-hari penting lainnya.

Kebiasaan ini kemudian diteruskan oleh Belanda ketika 350 tahun mereka menjajah Indonesia. Itulah kenapa sampai sekarang semua kalender yang beredar di Indonesia selalu punya warna merah di setiap hari Minggu (dan Sabtu) serta hari libur.



Tidak hanya Indonesia, banyak negara lain di dunia yang juga menjadikan hari Minggu sebagai tanggal merah alias hari libur. Kecuali negara-negara Islam seperti Arab dan orang-orang Yahudi.

Tanggal merah buat keduanya adalah Jumat dan Sabtu. Sama seperti alasan orang Romawi Kuno dulu, Jumat dan Sabtu buat orang Arab dan Yahudi adalah hari beribadah.