Sejarah emang selalu berharga sangat mahal. Sepertinya ungkapan tersebut pas banget untuk mendefinisikan benda klasik milik pendiri Apple, Steve Jobs ini. Meskipun mengklaim produk komputer terbaru mereka sangat canggih dan dibanderol tinggi, rupanya jika dibandingkan dengan harga PC pertama milik Jobs ini, ternyata bukan tandingannya.

Sebuah PC usang yang diklaim merupakan milik Steve Jobs, bakal dilelang di New York bulan depan. Nggak tanggung-tanggung, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 7 miliar lebih. Apa sih yang membuatnya begitu mahal?

Menurut panitia pelelangan, PC yang diberi nama Apple-1 tersebut merupakan satu-satunya komputer yang dijual oleh Jobs ketika masih menggunakan garasi rumah ibunya sebagai toko. Dengan harga awal sebesar Rp 7 miliar, komputer ini bakal masuk ke dalam jajaran produk Apple termahal yang pernah dijual.

Apple-1 adalah hasil kerja keras Jobs sebagai awal mula pengembangan Apple. Dengan nilai sejarah yang begitu tinggi itu, sepertinya harga yang selangit tersebut pantas untuk memboyong benda unik ini. Bahkan beberapa orang mengatakan, jika Apple-1 merupakan awal mula dari dimulainya era komputer di dunia.

Sebelumnya, Apple-1 rakitan Steve Wozniak telah laku lebih dulu dengan harga sekitar Rp 10 miliar. Karena milik Jobs tersebut masih harga awal, jadi sangat mungkin untuk mengalahkan rekor tersebut. Jika akhirnya benar terjadi, bisa dipastikan benda tersebut bakal jadi komputer paling mahal dalam sejarah.