Talkmen.com --- Pola latihan sederhana untuk membentuk tubuh ideal.

A good diet, plenty of cardio and this home workout plan is all you need to build your six pack abs.   Tanpa menjalani program latihan khusus di tempat kebugaran, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Padatnya aktivitas bagi seorang pria dalam bekerja terkadang membuatnya malas untuk sekadar meluangkan waktu berolah raga. Bahkan, beberapa pria berasumsi jika olah raga yang ideal adalah berlatih secara rutin di tempat kebugaran atau gym. Tidak sama sekali. Anda sebetulnya bisa membuat satu pola latihan sederhana dengan memanfaatkan setiap ruang yang ada di rumah. Beberapa aktivitas kebugaran yang kini sedang menjadi tren adalah berlatih yoga dengan memanggil instruktur ke rumah. Kembali lagi, itu pun bisa dilakukan bila Anda memang mempunyai waktu luang secara khusus untuk berolah raga.

Namun tetap saja, menyinggung soal olah raga masih terbentur dengan rasa malas. Alasannya pun bermacam-macam, entah terlalu sibuk bekerja, sampai tubuh yang sudah lelah untuk kembali bergerak mengeluarkan keringat. Tetapi satu hal yang harus Anda sadari, tubuh manusia harus selalu dijaga kebugarannya untuk kelancaran metabolisme sehingga fungsi organ tubuh dapat bekerja secara optimal. Ubah mindset Anda bila olah raga hanya bisa dilakukan di gym atau mengikuti lari maraton yang hampir diadakan setiap akhir pekan.

Anda bisa memulai suatu program latihan di rumah dengan fokus pada otot di bagian perut. Membiasakan diri untuk menjaga otot perut tidak hanya bertujuan membentuk tubuh lebih proporsional, begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menjalani latihan rutin tersebut. Beberapa manfaat dari latihan otot perut lainnya adalah menambah kekuatan otot dada dan tulang rusuk yang akan memperkuat perlindungan terhadap paru-paru dan jantung. Selain itu, metabolisme dan aliran darah juga menjadi lancar sehingga tubuh tetap fit, termasuk untuk urusan seks.

Rancang pola latihan secara berkala

Semua keinginan itu akan tercapai dengan pondasi niat yang kuat. Jika Anda menginginkan pola hidup yang lebih sehat, ada baiknya dimulai sejak dini. Jangan berharap pelatihan otot perut akan menjadikan tubuh Anda ideal dalam waktu singkat. Anda bisa memulainya dengan merancang pola latihan yang bisa disesuaikan dengan aktivitas. Sebagai awal, cobalah untuk berlatih sit up setelah bangun tidur, diselingi dengan segelas air putih. Lakukan dalam dua set, setiap set 30 kali gerakan. Hal ini untuk mencegah otot perut mengalami shockhingga terjadi keram. Beri jeda pada latihan Anda bila otot perut mengalami kontraksi, dan lakukan kembali latihan yang sama satu hari setelahnya.

Tambahkan ritme latihan sesuai kebutuhan

Mulai terbiasa bangun pagi dan melakukan sit up sebelum bersiap berangkat kerja? Good then. Hal yang bisa dilakukan setelah membiasakan diri melatih otot perut pada latihan awal, Anda bisa menambah program dengan menambah ritme gerakan tersebut pada pagi dan malam hari. Misalkan, Anda bisa menambah ritme sit up menjadi dua set dengan 50 gerakan setiap set. Jangan lupa, tetap konsumsi segelas air putih di antara set tersebut dan lanjutkan kembali. Begitu juga pada malam hari sebelum Anda beristirahat, lakukan gerakan sit updengan menambah ritmenya sesuai dengan kekuatan otot yang semakin kuat.

Melatih otot perut dapat dilakukan dengan cara dan peralatan yang ada di sekitar Anda.
 

Variasi gerakan untuk hasil maksimal

Anda tidak perlu membeli seperangkat alat untuk menunjang olah raga sederhana ini di rumah. Bila Anda terlanjur memiliki peralatan tadi, gunakan semaksimal mungkin. Tanpa peralatan untuk melatih otot perut, ada beberapa variasi olah tubuh yang bisa Anda coba. Di antaranya adalah melakukan sit up dengan posisi tangan menyilang di dada, atau gerakkan sit up menyamping ke kanan dan kiri secara bergantian. Hal ini bertujuan untuk memperkuat otot dan tulang pada bagian pinggang dan baik untuk memperbaiki struktur tulang belakang. Selain itu, Anda bisa melatih otot kaki dengan menahannya pada pinggir tempat tidur atau kursi yang ada di sekitar. Cukup mudah bukan?

Perbaikan fungsi organ dan kelancaran metabolisme

Rutinitas olah raga yang sederhana ini ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Selain membentuk tubuh lebih ideal, gerakan latihan otot perut dan sekitarnya akan memperkuat fungsi organ dalam tubuh sekaligus memperlancar metabolisme. Secara otomatis tubuh akan terasa lebih bugar, bahkan, kekuatan abdomen dipercaya akan menambah kelihaian pria saat beratraksi di atas ranjang. Apalagi yang Anda tunggu? Memulai hidup sehat tidak harus repot mengatur jadwal di tempat kebugaran, manfaatkan apa yang ada di sekitar Anda dan mulailah memelihara tubuh dari cara yang paling sederhana.