Teknoup.com ---- Berapa inci ukuran layar pada smartphone yang Anda gunakan saat ini? Kemungkinan besar layar smartphone yang Anda gunakan sama atau lebih besar dari 3,5 inci.

Tidak mengherankan jika itu benar, karena menurut data yang dihimpun oleh PhoneArena.com rata-rata ukuran layar smartphone saat ini mencapai 4,86 inci. Sungguh suatu perkembangan yang luar biasa, mengingat di tahun 2007 rata-rata smartphone layarnya hanya 2,59 inci. Artinya, ada perkembangan nyaris dua kali lipat hanya dalam waktu 7 tahun.

Tahun 2007 adalah tonggak pertama kepopuleran smartphone berlayar besar. Di tahun tersebut Apple meluncurkan iPhone, dengan layar berukuran 3,5 inci. Dengan rata-rata smartphone masih di bawah 3 inci, Anda bayangkan betapa besarnya ukuran iPhone saat itu dibanding smartphone pada umumnya. Namun saat ini, 3,5 inci bisa dibilang adalah ukuran layar yang sangat kecil.

Kepopuleran platform Android menjadi penyebab lebih lanjut mengapa smartphone semakin tumbuh, tidak hanya penjualan namun juga ukurannya. Tiga tahun lalu, Samsung merilis Galaxy Note dengan layar 5,3 inci. Saat itu banyak orang beranggapan bahwa smartphone tersebut absurd dan terlalu besar untuk digunakan, apalagi flagship Samsung saat itu, Galaxy S2, layarnya hanya 4,3 inci. Nyatanya, Galaxy Note laku dan memunculkan demam phablet yang layarnya semakin besar. Saat ini bahkan ada phablet dengan layar 6,44 inci, yakni Sony Xperia Z Ultra. Sedangkan kebanyakan ponsel flagship vendor Android sudah berkisar antara 4,7 hingga 5,2 inci.

Ironisnya, iPhone yang menjadi tonggak awal smartphone berlayar besar, kini terlihat seperti liliput dengan layar 4 inci pada iPhone 5S, meskipun dikabarkan tahun ini mereka akan merilis iPhone dengan layar di atas 4,5 inci. Semakin besarnya smartphone flagship pun disayangkan banyak pihak yang masih menyukai smartphone berukuran normal, meski beberapa pabrikan merilis versi mini dari flagshipnya, misalkan Samsung dengan Galaxy S4 Mini, HTC dengan One Mini, namun speknya jauh di bawah versi besarnya. Namun Sony nyaris tidak menurunkan spek sama sekali dari Xperia Z1 (5 inci) ke Xperia Z1 Compact (4,3 inci), kecuali resolusi layar. Ini diharapkan akan menjadi tren ke depan untuk memuaskan para konsumen yang tidak menyukai smartphone jumbo.

28303_22115_1