Pernah punya pengalaman motret sesuatu lalu tiba-tiba ada hal aneh yang muncul saat fotonya dicetak? Well, mungkin anak 90-an akrab dengan ini. Karena sekarang cetak foto rasanya sudah jarang. Tapi fenomena kemunculan hal-hal misterius dalam foto tetap jadi misteri bro.

Seperti misalnya 4 foto hitam putih yang sepertinya sudah jadi cerita legendaris ini. Nggak ada yang bisa menjelaskan sampai sekarang apakah itu benar atau hanya rekayasa. Walaupun sebagian besar berkeyakinan benar sih.

Lihat deh foto-foto ini:

1. Foto Goddard's Squadron



Bayangkan ketika loe sedang ada di pemakaman seorang teman, lalu foto bersama dengan teman-teman lainnya dan ketika dicetak, foto teman loe yang meninggal ada di foto itu. Hiii!

Itulah yang terjadi di tahun 1919 ketika pemakaman Freddy Jackson, salah satu anggota Goddard's Squadron. Di bagian atas foto ada sosok wajah yang mengintip dan dikenali sebagai wajah Freddy Jackson.

2. Piramida di Bulan



Apollo 17 menangkap banyak sekali gambar dari bulan. Salah satunya foto yang terkenal dengan nama Geophone Rock Anomaly ini. Objek dalam fotonya memang tidak terlalu jelas terlihat. Namun lewat teknik editing digital yaitu mengurangi eksposur cahaya, tampak sebuah segitiga seperti piramida.

3. Foto Keluarga Copper



Dua orang perempuan sedang duduk di ruang makan memangku masing-masing satu anak laki-laki. Tapi di belakangnya mendadak muncul bentuk seorang laki-laki berbusana putih yang menggelantung terbalik.

Nggak ada yang bisa menjelaskan siapa laki-laki itu karena keluarga Copper, pemilik rumah, juga tidak mengerti. Foto ini diambil ketika mereka baru pindah ke rumah baru.

4. Hantu di Laut



Hantu laut mungkin sering loe dengar ketika nonton SpongeBob SquarePants. Tapi yang ini masih misteri dan bentuknya nggak hijau seperti dalam cerita itu. Di tahun 1924 dikisahkan dua pelaut terbunuh dalam sebuah kecelakaan dan dikubur di lautan.

Beberapa hari setelah itu kru kapal melihat ada dua wajah yang mengikuti kapal mereka. Ketika difoto, tampak dua wajah di antara ombak yang dicurigai sebagai arwah dua pelaut tersebut.