Beberapa waktu yang lalu LA-Lights pernah mengangkat vending machine paling unik di dunia. Kali ini pun sama tapi dengan keunikan yang berbeda. Yup, di sebuah universitas di Philadelphia, Amerika Serikat, menawarkan vending machine baru bagi para mahasiswanya. Bukan snack atau minuman segar, tapi mesin penjual otomatis ini menjual iPad.

Well, sebenarnya ini adalah program dari universitas bernama Drexel dan juga public library setempat. Jadi iPad di sini bukan untuk dijual melainkan hanya boleh dipinjam aja. Cara meminjamnya juga mudah banget, untuk mahasiswa hanya perlu memasukkan id card sedangkan publik cukup dengan memasukkan tanda anggota.

Setelah itu, tablet canggih ini bakal keluar dari lubang-lubang pipih yang ada di depan. iPad pun siap dinikmati selama empat jam ke depan. Hal ini pun emang sangat berguna nggak hanya untuk mahasiswa tapi juga orang-orang yang ingin mengakses digital library tapi nggak punya device. Mengingat harga iPad sendiri lumayan mahal.

Universitas Drexel bukan sekali ini aja membuat gebrakan keren. Beberapa waktu lalu mereka juga melakukan hal yang serupa dengan menyewakan Mac. Program ini juga berhasil meningkatkan minat baca banyak orang.

Sepertinya Indonesia belum siap mengadopsi vending machine ini. Bisa-bisa iPad yang dipinjam nggak balik-balik tuh! Tapi wacana untuk mengganti buku dengan konten digital yang lebih kaya, boleh banget diadaptasi. So, what do you think, Bro!