Rata-rata orang Indonesia pasti pernah mengkonsumsi teh. Baik dalam kemasan atau yang diseduh di rumah, warung kopi, atau abang-abang nasi goreng pinggir jalan. Harganya pun masih terjangkau.

Tapi teh yang satu ini nggak akan bisa loe temukan di warkop mie instan bro. Karena harganya mahal banget: Teh Putih.



Teh Putih yang dibudidayakan di Gambung, Kabupaten Bandung Barat ini adalah salah satu varian teh yang harga jualnya tinggi banget. Satu kilogram Teh Putih bisa mencapai Rp 2 juta, tergantung kualitasnya.

Harga jual per kilogram terendahnya pun bisa Rp 1 juta. Jadi nggak mungkin teh jenis ini akan dijual murah di warung pinggir jalan kan?



Harga yang mahal ini ada alasannya bro. Teh Putih dari Gambung dibudidayakan dengan sangat teliti dan hati-hati. Tidak menggunakan pestisida, pemetikan daun tehnya hanya dilakukan di jam-jam tertentu dan tidak boleh tersentuh tangan.

Nggak cuma itu, Teh Putih ini juga dikeringkan secara alami tanpa campur tangan mesin. Sehingga kualitasnya pun tetap terjaga.



Kalau mau diminum ada peraturannya juga bro. Airnya nggak boleh terlalu panas. Harus 80 derajat paling maksimal panasnya. Per cangkir hanya boleh 2 sendok teh saja dan harus didiamkan sejenak sebelum diminum.

Yang jelas ada harga, ada manfaat. Teh putih ini ampuh untuk menghilangkan bad mood lho! Yang lebih serius lagi, teh ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan rheumatoid arthitis.