Apa yang loe rasain ketika mampu mengetahui deskripsi kimia sebuah obyek hanya dengan mengambil gambarnya lewat smartphone? Hal tersebut mungkin aja benar-benar bisa dilakukan. Tel Aviv University baru-baru ini menciptakan sebuah teknologi fotografi baru bernama Unispectral yang mampu mewujudkan hal itu.

Yup, teknologi ini memungkinkan loe untuk melihat gambar secara ‘beda’. Ketika kamera diarahkan ke suatu obyek, maka secara otomatis deskripsi akan muncul di layar. Misalnya loe mengambil obyek sebuah donat, maka ketika gambarnya diambil komposisi dari makanan tersebut juga ikut diketahui. Mulai dari kandungan gula dan lainnya, dan deskripsi ini tersaji dalam bentuk presentase. Wih, seru yah?

Tentu aja Unispectral baru sebatas pengembangan meskipun udah berhasil diuji coba dengan menggunakan sebuah kamera. Ke depannya, para peneliti di Tel Aviv University ini akan mengembangkan teknologi tersebut  dengan mengintegrasinya dengan data base. Punya library deskripsi sendiri, alat ini bakal jauh lebih keren.

Prototype dari Unispectral masih dikembangkan hingga saat ini dan akan selesai setidaknya bulan Juni depan. Basic system-nya udah pernah dipamerkan dalam Mobile World Congress di Barcelona beberapa bulan lalu dan sukses memikat banyak mata.

Banyak sekali kegunaan benda ini nantinya. Mulai dari industri elektronik, otomotif, bioteknologi hingga mungkin juga military. Wih, kira-kira bakal jadi seperti apa tuh nantinya?  Layak untuk ditunggu!