Teknoup.com --- Setelah berbagai persetujuan, dengan pemegang saham, pemerintah dan segala urusan regulator, Microsoft akhirnya menyelesaikan akuisisi Nokia. CEO Microsoft, Satya Nadella menyatakan: ''Kapabilitas mobile dan aset mereka akan meningkatkan transformasi kami. Bersama-sama dengan partner kami, kami akan tetap memfokuskan diri pada peningkatan inovasi pada dunia mobile dan cloud.''

Stephen Elop juga mempublikasikan surat terbuka mengenai Nokia yang menjadi satu dengan Microsoft. Elop akan melaporkan pada CEO Nadella sebagai wakil presiden eksekutif di Microsoft Devices Group, yang mengurus smartphone dan tablet Lumia, ponsel Nokia, tablet Surface dan sebagainya.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Microsoft tidak hanya mengakuisisi jajaran ponsel yang menjalankan Windows Phone saja, tetapi juga Nokia X (berbasis Android), seluruh ponsel fitur (termasuk Asha), serta ponsel termurah Nokia sekalipun (Nokia 108). Lebih lanjut disampaikan, Microsoft bakal mengelola domain nokia.com dan situs-situs media sosial terkait.

Microsoft membeli divisi perangkat keras Nokia dengan harga 7,1 miliar dolar. Angka yang menyedihkan untuk vendor smartphone legendaris ini, angka tersebut bahkan kalah dari aplikasi chatting terpopuler saat ini. WhatsApp dibeli oleh Facebook dengan angka dua kali lipat lebih dari nilai Nokia, tepatnya 16 miliar dolar.