Musical Savant Syndrome, gangguan mental yang membuat penderitanya punya kemampuan lebih. Wah?!

Mungkin gak ya seseorang yang awalnya sama sekali gak bisa memainkan alat musik, tapi dalam waktu beberapa hari bisa menciptakan alunan nada yang kompleks dan terdengar seperti musisi berpengalaman?

Yak, inilah yang terjadi pada seorang bernama Derek Amato, suatu hari disaat sedang menghadiri pool party di rumah temannya, doi terpeleset dan kepalanya terbentur keras pada sisi kolam renang. Derek segera dilarikan ke rumah sakit dan diberi perawatan intensif karena mengalami cedera pada otaknya. Setelah beberapa hari di rumah sakit, Derek kemudian dipulangkan. Setelah keluar dari rumah sakit, doi ngaku masih sering merasakan pusing di kepalanya. Di sinilah keajaiban justru terjadi.

Suatu hari setelah kepulangannya dari rumah sakit, Derek bertamu ke rumah salah seorang temannya. Entah mengapa Derek ingin sekali memainkan piano yang berada di rumah tersebut walaupun doi belum pernah sekalipun memainkannya. Ajaibnya, Derek bisa menciptakan nada-nada complex layaknya pianist profesional.

derek

Nah, keajaiban yang menimpa Derek Amato ini disebut Musical Savant Syndrome”. Gangguan mental yang disebabkan oleh kesalahan sistem kerja otak yang memungkinkan si penderita melakukan sesuatu hal diluar kemampuan rata-rata. Sindrom ini sangat langka terjadi dan Derek adalah satu dari sedikit orang yang memiliki kemampuan tersebut.

Video penjelasan tentang ” Musical Savant Syndrome ” :

Wah, seru kali ya kalau bisa punya kemampuan lebih, Bro?

 

 

Sumber : sciencechannel.com, trax