Nggak lama lagi Indonesia akan punya pesawat baru yang akan terbang secara domestik. Siap menjangkau lokasi-lokasi terpencil di Indonesia. Namanya N219.
 
Mungkin loe udah pernah dengar soal pesawat ini bro. Rencananya memang akan diterbangkan akhir tahun 2016 lalu. Tapi karena masalah teknis, penerbangannya ditunda sampai 2017 ini.
 
Penerbangan perdana ini bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasonal. Acara inipun akan dipusatkan di Makassar pada 8 - 11 Agustus 2017 mendatang.
 
 
N219 adalah pesawatan turbopop (baling-baling) yang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) sejak lama. Kegunaannya nanti untuk penerbangan komersial jarak pendek dengan kapasitas 19 orang.
 
Saat ini pesawat yang diciptakan untuk mendarat di atas tanah, rumput dan kerikil ini sedang dalam proses sertifikasi untuk beberapa komponennya. Fungsinya pun nggak cuma untuk mengangkut penumpang, tapi juga kargo, evakuasi medis, surveilans dan patroli.
 
 
Kalau proses sertifikasi bisa selesai tahun ini maka tahun 2018 pesawat N219 bisa diproduksi massal. Indonesia pun bisa berbangga punya pesawat buatan sendiri.