Nggak ada yang membantah jika korupsi adalah akar masalah yang membuat suatu negara mengalami banyak kerugian, termasuk makin lambatnya laju perekonomian. Berdasarkan hasil survey, kebanyakan tindak kriminal ini lebih banyak dilakukan oleh para pejabat publiknya lho.

Lembaga Transparency International baru-baru ini merilis sebuah data perihal peringkat indeks korupsi dari berbagai negara di dunia. Dari data tersebut tercatat pula negara yang memiliki tingkat korupsi tinggi yang dilakukan oleh para pejabatnya. Berikut adalah ulasannya.

Sudan Selatan

Negara ini udah terindikasi melakukan praktik korupsi gila-gilaan sejak tahun 2004. Sudan Selatan memisahkan diri dari Sudan pada tahun 2011 lalu lantaran suatu hal. Kegiatan korupsinya sendiri berkutat pada kekayaan seperti minyak bumi dan emas.

Somalia

Negara yang dilanda banyak konflik ini sepertinya kian jatuh dengan aktivitas korupsi yang dilakukan oleh para politisinya. Cara yang dilakukan pun sangat aneh dan nggak etis sama sekali. Para pejabat tersebut membuat semacam pos pengungsian gadungan untuk mendapatkan bantuan dari berbagai negara di dunia. Seolah nggak memperdulikan apa yang terjadi terhadap rakyatnya, mereka pun menjual barang-barang sumbangan tersebut ke pasar gelap.

Korea Utara

Dengan pemimpin yang kaku serta sistem sosial yang nggak lazim seperti masih berlakunya kasta, negara ini menjadi yang paling korup sedunia. Banyak praktik penyuapan pula dilakukan oleh para pejabatnya. Nggak heran jika negara yang mulai ditinggalkan para penduduknya ini menyandang peringkat tertinggi atas prestasi memalukan ini.

Indonesia sendiri berada di peringkat 117 dari 175 negara paling bebas korup di dunia. Peringkat ini jauh lebih buruk dibandingkan setahun lalu.