Kalau loe bukan termasuk cowok yang update banget dengan apapun yang viral mungkin loe akan bertanya-tanya kenapa belakangan ini banyak yang nulis 'Om Telolet Om!' di akun media sosial mereka. Mungkin ini ajakan untuk melakukan sesuatu seperti meniup terompet atau semacamnya? Kan mau tahun baru?

Hampir tepat. Tapi bukan terompet tahun baru. Melainkan suara klakson. Buat yang belum tahu soal tren yang sedang "menggerogoti" media sosial ini, sebaiknya baca dulu dari mana asal muasal 'Om Telolet Om' ini dan fakta-fakta menariknya yuk, bro!

1. Sudah ada sejak lama.

Sebenarnya 'Om Telolet Om' bukan ada beberapa hari terakhir ini. Tapi sudah lama. Remaja-remaja di kawasan Jawa Tengah bisa dibilang sebagai "dalang" dari semuanya. Seorang sumber menyebutkan bahwa para pemburu 'Om Telolet Om' ini sudah ada sejak 5 atau 6 tahun yang lalu. Tujuannya apa sih? Nah, lanjut ke poin kedua.

2. Iseng untuk direkam ponsel.

 



Sebenarnya para pemburu 'Om Telolet Om' ini cuma iseng aja. Suara klakson bus-bus besar di Pulau Jawa yang kebanyakan nggak satu nada itu kemudian direkam oleh para remaja dengan menunggunya di pinggir jalan. Mereka akan berteriak 'Om Telolet Om' kepada sopir bus supaya membunyikan klakson. Kalau berhasil merekamnya, ya udah, dapat kepuasan tersendiri. Mungkin itu salah satu pride di kalangan pergaulan mereka.

3. Bisa berbahaya kalau nggak hati-hati.

Sesuatu yang sedang viral biasanya akan dilakukan oleh banyak orang. Termasuk juga menunggu bus di pinggir jalan raya sambil merekam lewat ponsel seperti fenomena 'Om Telolet Om' ini bro. Kalau nggak hati-hati, mereka bisa aja tertabrak. Konsentrasi si perekam bisa buyar karena terlalu fokus mencari bus dan meneriaki sopir bus. Konsentrasi spoirnya pun bisa terganggu karena "paksaan" dari mereka yang menunggu. 

4. Jadi viral.

 



Para influencer di media sosial membuat 'Om Telolet Om' jadi viral. Misalnya komikus Tahilalats pernah membuat komik strip di Instagram-nya tentang ini. Nggak cuma itu, para pengguna media sosial juga seperti tak henti-hentinya menuliskan hal ini. Sehingga 'Om Telolet Om' jadi trending topic sampai mengalahkan kasus-kasus politik yang sedang ramai dibicarakan.

5. DJ-DJ kenamaan dunia ikutan, makin ramai.

 



Fenomena 'Om Telolet Om' ternyata sampai ke telinga para DJ-DJ kenamaan dunia. Sebut saja DJ Snake, Zedd, sampai Steve Aoki. Makin hebohlah masyarakat Indonesia karena ini. Mereka pun kembali membanjiri akun-akun media sosial para DJ dengan cuitan serupa. Mungkin sebentar lagi bakalan ada remix 'Om Telolet Om' dari mereka ya? Kan itu suara klaksonnya mirip distorsi dari turntable juga. Ha ha