Wacana pemerintah untuk menghapus Pajak Penjualan atas Barang Mewah dianggap tidak tepat dan akan membunuh para pengusaha industri lokal. Selain itu pendapatan pemasukan untuk negara juga bakal berkurang dengan adanya penghapusan pajak ini.

Dampak terbesar dengan rencana penghapusan pajak barang mewah adalah industri lokal yang saat ini tergencet dengan produk asing yang terus masuk. Tak ada kesempatan bagi mereka untuk memasarkan balik, karena masyarakat Indonesia lebih memilih untuk mengkonsumsi produk asing.

Jika rencana ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat, yang menjadi sorotan seharusnya adalah impor bahan baku yang masih menjadi ketergantungan para pelaku industri lokal. Dengan harga yang murah atau tanpa pajak maka akan membuat industri tadi bisa memproduksi barang yang memilik orientasi ekspor.

Rencana ini masih menjadi abu-abu apakah benar pemerintah bakal menghapuskan pajak barang mewah dalam artianproduk yang sudah jadi atau tidak. Jika memang benar, maka akan menjadi masalah besar bagi pelaku industri dalam memasarkan produknya.