Meskipun kesannya telah mempunyai pemimpin baru, tapi segala sesuatunya masih tetap sama. Mulai harga-harga kebutuhan yang makin tinggi hingga akses pendidikan yang juga sepertinya nggak lebih mudah dari pemerintahan sebelumnya. Sehingga banyak yang memprediksikan kalau kepemimpinan Jokowi nggak bakal bertahan lama. Setidaknya mantan Wali Kota Solo ini nggak bakal bertahan hingga lima tahun ke depan. Kok bisa?

Hal ini bukan tanpa analisa dan penelitian, beberapa waktu lalu peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, menyatakan kalau kepemimpinan Jokowi bakal bernasib sama seperti Presiden BJ Habibie maupun Megawati Soekarnoputri. Banyak rakyat yang dikecewakan dengan janji tanpa realisasi dari pasangan ini menjadi salah satu penyebabnya.

© Kapanlagi

Loe tahu sendiri gimana sekarang segalanya jadi lebih mahal hingga harga kebutuhan yang paling sepele sekalipun. Belum lagi angka kriminalitas dan korupsi yang juga nggak kunjung surut membuat rakyat jengah. Jika terus menerus seperti ini, bukan nggak mungkin pemerintahan Jokowi yang masih prematur itu bakal benar-benar digulingkan paksa.

Meskipun diprediksi bakal berumur pendek, bukan nggak mungkin Jokowi-JK bakal mampu bertahan. Kembali ke beberapa tahun lalu, SBY juga pernah mendapatkan perlakukan yang serupa. Namun nyatanya malah bertahan hingga dua periode.

Tapi, bukan jaminan pula Jokowi bakal bernasib sama dengan SBY. Rakyat yang makin mengeluh dengan keadaan, hingga mahasiswa yang vokal banget menyuarakan perubahan bakal menjadi ranjau yang sewaktu-waktu bisa meledak dan menggulingkan pemerintahan. Emang nggak bakal semudah itu, tapi kalau semuanya udah bosan dengan keadaan yang nggak berubah, trus apa yang bakal dilakukan kalau bukan mencari pemimpin baru? Think about it, Guys!