Nggak ada yang bisa memprediksi kapan bencana bakal datang, tapi ketika hal tersebut benar-benar terjadi, maka berbagai bantuan sangat diharapkan. Termasuk salah satu yang ditunggu oleh rakyat adalah uluran tangan pemerintah. Tapi, kadang apa yang diinginkan nggak sesuai harapan. Ada beberapa kasus para pemimpin negara yang malah menyibukkan diri dengan aktivitas lain di saat warganya tengah terkena musibah.

Siapa aja sih? Berikut adalah daftarnya.

PM Jepang Shinzo Abe

Beberapa bulan yang lalu, kota Hiroshima di Jepang, tengah dilanda bencana longsor hebat. Diperkirakan korban tewas mencapai 39 orang dan yang hilang ada sekitar 80 orang. Di saat kondisi darurat seperti ini, siapa yang menyangka jika perdana menteri negeri sakura, Shinzo Abe, malah asyik bermain golf di Tokyo. Meskipun waktu tersebut emang adalah hari libur, tapi rakyat menganggap hal tersebut bukan alasan untuk nggak melakukan langkah darurat bencana.

Menteri Australia Hugh Delahunty

Entah apa yang dipikirkan oleh menteri Negara bagian Victoria, Australia ini. Alih-alih melakukan tindakan darurat saat bencana kebakaran hebat terjadi di wilayahnya, Hugh Delahunty malah asik menonton Australian Open. Hal ini pun menimbulkan kecaman dari banyak pihak termasuk oposisi.

PM Malaysia Najib Razak

Serupa dengan apa yang dilakukan oleh Shinzo Abe, Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, juga diketahui tengah bermain golf ketika rakyat tengah kebingungan lantaran banjir. Diketahui, negeri jiran ini mengalami bencana banjir beberapa waktu yang lalu. Sekitar 103.412 orang harus mengungsi agar bisa bertahan. Hal ini pun menimbulkan kecaman dari banyak pihak.

Untung deh, hal-hal semacam ini sepertinya nggak terjadi di Indonesia.